Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Apr 2021 16:00 WIB
Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit? Foto: Getty Images/GSPictures
Jakarta -

Bersantap di restoran mewah perlu mengeluarkan duit banyak karena harga makanannya mahal. Tapi mengapa porsi makanan yang disajikan malah sedikit?

Penggemar makanan atau foodies pasti tak asing dengan pengalaman bersantap di restoran mewah atau restoran fine dining. Suasana bersantapnya istimewa, ditambah dengan pilihan menu menggugah selera.

Menu-menu ini juga disajikan dengan cantik sehingga sering bikin tamu yang mau memakannya jadi tak tega. Namun jika diperhatikan, biasanya restoran mewah menyajikan menunya dalam porsi kecil, padahal tamu sudah bayar mahal.

Lantas apa sebabnya restoran mewah menyajikan menunya dalam porsi kecil? Apakah disengaja atau tidak?

Bright Side (11/4) mengungkap 7 alasan menarik di balik makanan mahal di restoran mewah yang porsinya sedikit. Berikut penjelasannya:

1. Makanan dibuat dari bahan-bahan mahal

Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit?Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit? Foto: Getty Images/GSPictures

Alasan pertama adalah meski porsi makanan tersebut mungil, tapi setiap komponen penyusunnya berharga mahal. Pasalnya restoran mewah tak sembarangan memilih bahan makanan yang akan dipakai.

Sebut saja wagyu asli Jepang, caviar, hingga jamur truffle yang kerap disajikan di restoran mewah. Harga bahan makanan tersebut per kilo gram bisa mencapai ribuan dollar.

Tak heran jika pihak restoran hanya akan menyajikan menu tersebut sedikit-sedikit. Hanya saja mereka mengemasnya dengan plating yang cantik dan memadukannya dengan beragam bahan makanan mahal lainnya.

2. Porsi kecil terlihat lebih elegan

Tak bisa dipungkiri kalau porsi makanan yang lebih sedikit terlihat lebih elegan. Makanan juga lebih mudah ditata di atas piring.

Jika ada terlalu banyak makanan, kesannya akan penuh dan sesak. Padahal restoran mewah ingin memanjakan visual tamunya dengan menyuguhkan makanan yang elegan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com