Ini Alasan Mengapa Makanan Mewah dan Mahal Porsinya Sedikit

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 01 Mar 2022 11:30 WIB
resto fine dining terbaik di Asia
Foto: Foto: Locavore
Jakarta -

Banyak orang yang penasaran mengapa makanan mewah dan mahal identik dengan porsi mini yang sedikit. Ternyata ada alasannya sendiri.

Berbeda dengan makanan murah atau makanan kaki lima. Porsi makanan mewah yang harganya mahal justru lebih sedikit, bahkan kebanyakan porsinya tak lebih dari dua suap saja.

Tapi ternyata ada alasan tersendiri mengapa kebanyakan restoran mewah, atau restoran bintang lima menyajikan makanan dalam porsi sedikit dengan harga mahal.

Mulai dari untuk menjaga penampilan makanan elegan sampai mengutamakan desain makanan sebagai seni.

Berikut lima alasan mengapa makanan mahal justru porsinya sedikit dilansir dari Times of India (28/02).

Baca Juga: Cardi B Pamer Makan di Restoran Mewah, Netizen Salah Fokus Ada Sempol" selengkapnya


1. Harga Bahan Makanan Premium

fine diningfine dining Foto: Istock

Untuk menjaga kualitas makanan yang tinggi dan standard bintang lima yang harus diterapkkan. Kebanyakan restoran mewah memilih bahan makanan yang tidak sembarangan.

Mulai dari bahan utama seperti daging, ikan dan seafood. Sampai ke bahan sayuran, rempah hingga garam semuanya dipilih yang terbaik dan harganya tidak murah.

Untuk menjaga kualitas makanan dan menekan biaya harga makanan. Kebanyakan restoran mewah menyajikan dalam porsi mini, hingga harganya tidak semahal jika makanan disajikan dalam porsi reguler.

2. Makanan Tampak Elegan

Selain untuk menekan harga makanan agar tidak terlalu mahal. Alasan mengapa banyak restoran mewah menyajikan makanan dalam porsi sedikit, karena porsi sedikit ini jauh lebih elegan jika di tata di atas piring.

Apalagi ditambah dengan tren minimalis di industri makanan, dan kebanyakan restoran kelas atas menganggap bahwa porsi makanan yang sedikit jauh lebih elegan, dibandingkan porsi makanan yang menutupi seluruh bagian piring.

Kebanyakan dari pengelola restoran dan hotel binta lima percaya, bahwa tamu-tamu yang datang di sana lebih penasaran dengan variasi makanan dibandingkan untuk mengenyangkan perut mereka.

3. Menu Makanan Banyak

Jika makan di restoran mewah, biasanya ada rangkaian makan malam atau makan siang yang terdiri dari beberapa sajian menu makanan. Mulai daari makanan pembuka, makanan utama sampai makanan penutup.

Totalnya dalam salah satu acara makan mewah terdapat 3-7 jenis makanan. Jadi porsi makanan yang sedikit ini dibuat agar orang-orang tidak mudah kenyang dan bisa mencicipi semua sajian yang dihidangkan.



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]