Beli Jajanan Telur Sebaskom Penuh, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu

Devi Setya - detikFood
Kamis, 24 Feb 2022 17:30 WIB
Beli Jajanan Telur Sebaskom Penuh, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu
Foto: TikTok @almas
Jakarta -

Jajanan telur congkel atau telur yang dimasak dalam cetakan kecil biasanya dijual dengan harga murah. Tak heran kalau dengan uang Rp 100 ribu bisa dapat jajanan ini sampai satu baskom penuh.

Jajanan berbahan dasar telur ini bukanlah termasuk jajanan kekinian. Jajanan ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan eksis di tahun 1990-an. Namun hingga kini masih ada penjual yang menjajakan jajanan ala anak SD ini.

Untuk membuat telur congkel biasanya hanya membutuhkan telur ayam, daun bawang dan bumbu seperti garam serta bubuk penyedap rasa. Telur akan digoreng dalam wajan khusus dengan cetakan kecil.

Beli Jajanan Telur Sebaskom Penuh, Pria Ini Habiskan Rp 100 RibuBeli Jajanan Telur Sebaskom Penuh, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu Foto: TikTok @almas

Seporsi jajanan ini bisa dibeli dengan uang tak lebih dari Rp 5000. Namun seorang pria mencoba membeli telur congkel dengan uang Rp 100 ribu. Ia pun mendapat porsi banyak, yakni sampai satu baskom penuh.

Pengguna akun TikTok @almas mengunggah momen ketika ia jajan telur congkel. Almas sudah membawa wadah sendiri dari rumahnya yakni sebuah baskom berwarna putih.

"Bu beli telur congkel Rp 100 ribu sebaskom bisa?" tanya Almas pada ibu penjual jajanan telur ini.

Setelah disanggupi, Almas pun langsung memberikan baskom yang sudah ia bawa untuk dijadikan wadah telur congkel jajanannya.

Dengan sigap ibu ini mulai menyiapkan berbagai bahan utama untuk membuat telur ini. Ia mencampurkan telur ayam, irisan daun bawang, wortel, sosis dan bumbu penyedap. Adonan ini kemudian dimasak dalam cetakan khusus telur congkel.

Proses memasaknya cukup lama karena telur harus dimasak satu per satu dan menunggu hingga benar-benar matang. Setelah seluruh telur ini matang, semua dikumpulkan dalam baskom dan diberi saus pelengkap. Terlihat telur mulai memenuhi bagian baskom.

Tak mau berlama-lama, Almas langsung saja melahap telur ini.. Terlihat dalam video yang sudah dikonfirmasi DetikFood (24/2) Almas menikmati jajanan telur gurih ini sendirian.

Netizen yang melihat aksi ini pun ikut berkomentar. Banyak yang memuji aksi Almas karena membantu pedagang UMKM.

"100k jajan segitu ga worth it kalo dinalar, tapi secara gak sadar masnya membantu umkm," kata netizen.

"Worth it sih menurutku soalnya setauku cuma telor doang tapi ibunya ada tambahan sayuran dan sosisnya dan biasanya ada juga yg di campur tepung," beber netizen lainnya.

"Buat yg bilang gk wort it kalian knp sih, liat itu 100k penuh sebaskom. kalo lu mau buat sendiri belom sayurnya, sosisnya, minyaknya, alatnya, gasnya saosnya," sahut netizen yang kesal dengan komentar nyinyir.

Beli Jajanan Telur Sebaskom Penuh, Pria Ini Habiskan Rp 100 RibuBeli Jajanan Telur Sebaskom Penuh, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu Foto: TikTok @almas

Almas yang memang punya hobi jajan ini mengaku kalau rasa telur congkel ini enak. Ia bahkan mempromosikan dagangan sang ibu penjual telur congkel ini.

"Lokasi jualannya di Jl. semeru Mojokerto. Depan alfamart/indomaret," ujar Almas.

Sebelum jajan telur congkel sebaskom, Almas juga pernah jajan ayam goreng dalam porsi sebaskom penuh. Puluhan potong ayam goreng tepung dituangkan dalam baskom, lengkap dengan sausnya.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)