Chef Korea Ini Jatuh Cinta dengan Rendang dan Nasi Goreng Kambing

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 25 Feb 2022 13:00 WIB
Chef Korea Ini Jatuh Cinta dengan Rendang dan Nasi Goreng Kambing
Foto: YouTube EBSDocumentary
Jakarta -

Baek Jong Won adalah chef terkenal di Korea Selatan. Ia yang berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu mengaku jatuh cinta dengan rendang dan nasi goreng kambing Indonesia.

Baek Jong Won bukanlah nama asing di Korea Selatan. Ia merupakan seorang chef, selebriti, sekaligus pebisnis restoran. Baek Jong Won juga terkenal lewat program kuliner seperti Baek Jong-won's Top 3 Chef King, Baek Jong-won's Food Truck, dan Baek Jong-won's Alley Restaurant.

Programnya di berbagai saluran televisi Korea Selatan kerap hits. Salah satunya yang tayang di EBS Documentary dimana pada tahun 2015, Baek Jong Won mengunjungi Indonesia. Belakangan, potongan klip videonya saat mencicipi makanan Indonesia ini kembali viral di TikTok.

Tak sekadar mencicipi makanan, pasalnya Baek Jong Won berbincang langsung dengan pembuatnya dan mempelajari seluk beluk hidangan itu. Pertama, ia mampir ke rumah makan Padang. Ia disuguhi puluhan lauk khas Minang dalam piring-piring kecil.

Chef Korea Ini Jatuh Cinta dengan Rendang dan Nasi Goreng KambingBaek Jong Won saat berkunjung ke sebuah rumah makan Padang di Jakarta pada tahun 2015. Foto: YouTube EBSDocumentary

Dirinya menjelaskan kalau penyajian makanan Padang benar-benar memenuhi meja. "Kita tidak perlu memakan semuanya. Anda bisa memakan makanan yang disuka saja, dan Anda tidak perlu membayar makanan yang tidak disentuh," jelasnya. Ia juga menjelaskan makanan Padang paling enak dimakan pakai tangan langsung.

Soal pelengkap nasi hangat, Baek Jong Won langsung memilih sambal. "Sambal terdiri dari beberapa jenis, tapi aku menyukai sambal ini (sambal ijo)," katanya. Ia melengkapinya dengan daun singkong rebus dan rendang.

"(Rendang) adalah makanan yang paling saya suka di rumah makan Padang," ujar chef 55 tahun ini. Ia juga mengatakan kalau rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.

Setelah puas makan rendang, Baek Jong Won mendatangi rumah seorang warga di Jakarta yang terbiasa membuat rendang Minang. Ia melihat langsung bagaimana proses pembuatan rendang.

Chef Korea Ini Jatuh Cinta dengan Rendang dan Nasi Goreng KambingBaek Jong Won mencicipi rendang yang dimasakkan langsung untuknya. Foto: YouTube EBSDocumentary

"Ada 8 bahan makanan yang dibutuhkan untuk membuat rendang. Di Indonesia, sejak abad pertengahan para warganya tahu cara membuat makanan dari berbagai jenis rempah," ujar Baek Jong Won. Ia terpesona dengan banyaknya jumlah bumbu rendang.

Setelah rendang matang, ia mencicipinya hangat-hangat dengan nasi putih. "Hmmm... Enak sekali," katanya. Ia menjelaskan ada beda antara rendang dengan galbijim, olahan daging khas Korea Selatan.

"Kita merebus galbijim dengan air, namun rendang direbus dengan santan. Rasa rendang tidak kuat seperti galbijim, tapi lembut," ujarnya. Baek Jong Won pun tertarik membuat rendang ketika kembali ke Korea Selatan.

Chef Korea Ini Jatuh Cinta dengan Rendang dan Nasi Goreng KambingChef Korea ini semangat mencicipi beragam sajian nasi goreng kaki lima di Jakarta. Foto: YouTube EBSDocumentary

Selain cicip masakan Padang dan rendang, Baek Jong Won juga mampir ke tempat makan nasi goreng kaki lima yang buka malam hari. Ia melihat langsung bagaimana nasi goreng di Indonesia sesungguhnya dibuat.

Baek Jong Won takjub dengan cara penjual nasi goreng mengaduk-aduk nasi dalam jumlah banyak. "Cara membuatnya sangat menarik. Ini adalah bakat yang hebat," katanya mengomentari.

Ia juga jadi tahu kalau nasi tidak dimasukkan sekaligus ke wajan, tetapi bertahap agar merata dengan bumbunya. Penjual nasi goreng pun mengatakan ia bisa memasak untuk 30 porsi sekaligus.

Baek Jong Won mencicipi nasi goreng kambing, ayam, dan nasi goreng petai. Uniknya ia mendeskripsikan petai sebagai "kedelai yang sering dimakan orang Indonesia."

Chef Korea Ini Jatuh Cinta dengan Rendang dan Nasi Goreng KambingBaek Jong Won mengatakan rasa nasi goreng Indonesia begitu enak. Foto: YouTube EBSDocumentary

Soal rasa, ia langsung bilang kalau nasi goreng enak sekali. "Nasi goreng yang dimasak sampak nasi bagian bawah, sangat enak," ujarnya. Ia bilang karena rasanya sangat enak, nasi goreng Indonesia bisa laku 1.000 porsi sehari jika dijual di Korea Selatan. "Ini benar-benar enak," katanya ke penjual nasi goreng.

Video Baek Jong Won jatuh cinta dengan makanan Indonesia pun mendapat banyak komentar positif. Banyak juga yang memuji pengetahuan dia soal makanan Indonesia.

"Dia makan dengan sangat baik menggunakan tangan langsung," kata seorang penonton. "Wow, ternyata chef Baek Jong Won sudah pernah makan masakan Padang, mantap," sahut yang lainnya.



Simak Video "Cerita Pemilik Rintis Usaha Nasi Goreng Padang Upiak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)