Pusat Kue-kue Tradisional dan Modern Murah Meriah Sejak Puluhan Tahun

ADVERTISEMENT

Pasar Kue Subuh

Pusat Kue-kue Tradisional dan Modern Murah Meriah Sejak Puluhan Tahun

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 22 Feb 2022 10:30 WIB
pasar takjil jogja
Foto: istimewa
Jakarta -

Sudah ada sejak puluhan tahun lalu, pasar kue subuh di berbagai kota di Indonesia tetap eksis. Ada puluhan kue tradisional dan modern yang murah meriah.

Istilah atau sebutan kata 'Pasar Kue Subuh' pastinya sudah familiar di telinga banyak orang. Apalagi bagi mereka yang sering belanja kue dan makanan di pasar.

Berbeda dengan pasar tradisional lainnya yang menjual berbagai bahan makanan hingga aneka daging. Pasar Kue Subuh ini hanya menjual kue, snack sampai makanan ringan yang sudah siap saji.

Nama Pasar Kue Subuh sendiri diambil dari para penjual kue di pasar yang mulai menggelar lapak mereka dari jam tiga pagi, dan jam delapan pagi biasanya para penjual ini sudah berhenti berjualan.

Alasan mengapa para pedagang berjualan saat Subuh, karena kebanyakan pembeli merupakan pedagang kue eceran yang akan menjual kue-kue ini di toko hingga warung mereka.

Baca Juga: 4 Pasar Subuh Populer Ini Jual Aneka Kue Enak dan Murah Meriah" selengkapnya


Pasar Kue Subuh ini konsepnya mirip seperti pasar tradisional lainnya, di beberapa kota dan daerah pasti ada pasar ini. Seperti di Jakarta misalnya, meski kota metropolitan ini dipenuhi dengan kafe, toko kue sampai bakery modern kekinian.

Pasar takjil BenhilPasar Kue. Foto: Johanes Randy

Namun daya tarik Pasar Kue Subuh masih diminati banyak warga Jakarta. Terbukti dari Pasar Kue Subuh di Blok M, Melawai. Menurut data yang dihimpun dari Pubinfo (21/02), Pasar Kue Subuh Blok M ini sudah berdiri sejak akhir tahun 1960.

Bisa dibilang Pasar Kue Subuh Blok M merupakan salah satu pasar kue tertua dan pertama di daerah Jakarta Selatan. Begitu juga dengan sejarah Pasar Kue Subuh Senen, yang digadang-gadang sebagai Pasar Kue Subuh terbesar di Indonesia.

Pasar Kue Subuh Senen ini dimulai dari penjual kue bernama Elkana Tju dan beberapa penjual kue lainnya, untuk menggelar lapak aneka kue di Pasar Senen sekitar tahun 1988.

Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi warga di Pasar Benhil, Jakpus. Pasalnya setiap bulan suci takjil di tempat ini selalu laris manis.Aneka Kue di Pasar Kue. Foto: Rifkianto Nugroho

Lapak ini dibuka sejak jam dua pagi hingga jam delapan pagi, kemudian seiring berjalannya waktu semakin banyak penjual kue yang berjualan sampai muncul Pasar Kue Subuh Senen.

Tak hanya di Jakarta, banyak Pasar Kue Subuh di sekitar Jabodetabek yang tak kalah legendaris. Seperti Pasar Kue Subuh Sitanala, yang terletak di Jalan Dokter Sitanala. Meski namanya pasar subuh, tapi banyak pedagang kue yang berjualan di pagi hari.

Sementara di kota-kota lainnya ada Pasar Kue Subuh Detos di Depok, ada Pasar Kue Subuh Kembang di Bogor. Sampai Pasar Kembang Surabaya hingga Pasar Bawah Pekanbaru.

Di ulasan detikFood minggu ini, detikFood akan membahas seputar Pasar Kue Subuh di Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari kisaran harga kue termurah hingga termahal, lalu kisah para penjual kue subuh hingga rekomendasi jajanan enak, juga trik dan tips belanja kue di Pasar Kue Subuh.

Baca Juga: 5 Lokasi Pasar Kue Tradisional di Jabodetabek yang Jual Kue Enak dan Murah" selengkapnya



Simak Video "Menjajal Indomie Goreng Viral di Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT