4 Pasar Subuh Populer Ini Jual Aneka Kue Enak dan Murah Meriah

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 27 Nov 2021 06:00 WIB
pasar takjil jogja
Foto: istimewa
Jakarta -

Pasar subuh identik dengan pasar kue yang menjual aneka ragam snack, cake, sampai gorengan. Untuk konsumsi sendiri atau dijual kembali dengan harga murah meriah.


Berbeda jauh dengan aneka snack dan kue yang berada di bakery atau toko kue ternama. Pasar subuh jadi alternatif para penjual kue, atau pedagang makanan untuk membeli kue-kue dengan harga murah meriah untuk dijual kembali.

Sebutan pasar subuh ini sebenarnya berasal dari para penjual kue yang mulai membuka lapak dagangan mereka, dari jam 3 pagi atau menjelang subuh. Tujuannya agar orang-orang yang mau berjualan di pagi hari, sudah bisa belanja kue di mereka.

Biasanya kue yang dijual hampir seragam dan sama antar satu penjual dan penjual lainnya. Namun setiap orang tentu punya langganan tempat belanja kue di pasar subuh.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Jawa yang Enak Ini Sudah Jarang Ditemukan" selengkapnya


Nah, tak hanya di Jakarta. Hampir setiap kota besar punya pasar subuh yang terkenal sebagai sentra penjualan kue murah.

Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Pasar Senen

aktivitas di pasar kembang surabayaaktivitas di pasar kud Foto: Suryaman Candi

Bisa dibilang Pasar Senen merupakan pusatnya penjual kue, gorengan, sampai jajanan pasar yang super lengkap. Dikenal juga dengan nama Pasar Kue Subuh Senen, pasar yang terletak di Senen ini, buka dari malam hingga pagi hari.

Bagian pasar memang terbagi dua. Ada pasar tradisional yang menjual bahan makanan, sayuran dan daging. Ada khusus bagian pasar kue.

Di sini ada puluhan penjual kue yang lengkap. Di sini bisa beli risol, pastel, onde-onde, kue lumpur, lemper, lontong, sosis Solo, molen, bolu, lapis legit dan masih banyak lagi. Kisaran harganya dari Rp 1.500 saja bisa dibeli eceran.

Tersedia juga aneka kue basah dan kue tart yang dijual per box untuk keperluan katering hingga snack box. Harganya juga murah, untuk potongan mini tart isi 50 pcs, harganya sekitar Rp 30.000 saja. Oh ya, beberapa penjual bahkan sudah menawarkan aneka kue ini di toko online.



Simak Video "Berburu Jajanan Pasar Murah Meriah di Ciledug"
[Gambas:Video 20detik]