ADVERTISEMENT

Sate Kambing Tegal vs Solo

5 Fakta Sate Buntel Solo, Terinspirasi Kebab hingga Favorit Presiden Jokowi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 18 Feb 2022 11:30 WIB
5 Fakta Sate Buntel Solo, Terinspirasi Kebab hingga Favorit Presiden Jokowi
Foto: Getty Images/iStockphoto/Anita Handayani

4. Sate buntel favorit presiden Jokowi

5 Fakta Sate Buntel Solo, Terinspirasi Kebab hingga Favorit Presiden JokowiPresiden Jokowi punya beberapa tempat langganan makan sate buntel di Solo. Salah satunya di Bu Hj. Bejo. Foto: Getty Images/iStockphoto/Anita Handayani

Berasal dari Solo, bukan rahasia lagi kalau presiden Jokowi doyan sate buntel. Salah satu rumah makan favoritnya adalah Sate Kambing Bu Hj. Bejo yang sudah ada sejak 1970-an.

Lokasinya di Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu. Di sini sate buntel biasanya disajikan dengan tambahan kuah tengkleng yang masih panas dan mengepul. Sate buntel juga disajikan dengan bumbu kecap, irisan tomat, dan bawang merah yang segar.

Selain racikan Bu Hj. Bejo, presiden Jokowi juga suka sate buntel buatan Mbok Galak. Tak kalah legendaris, rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1980an. Ciri khasnya adalah sate buntel dibuat dengan daging kambing berkualitas. Lokasi Sate Kambing Mbok Galak ada di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 112.

5. Sate buntel enak di Jakarta

Tak usah jauh-jauh ke Solo, sate buntel enak juga bisa kamu temukan di Jakarta dan sekitarnya. Di BSD. Tangerang, ada Sate Buntel Kardjan yang terkenal legendaris sejak 1925. Sate buntel di sini berukuran besar dan lebar dengan bahan utama daging kambing muda.

Sementara di TB Simatupang, Jakarta Selatan, ada rumah makan Omah Solo yang bisa disambangi. Sate buntel di sini terkenal dengan dagingnya yang juicy dan ukurannya yang jumbo. Rasa dan aromanya tak berbau prengus. Sate buntel disajikan bersama irisan cabe rawit, tomat, bawang merah, kecap manis, serta lada bubuk.

Di Bintaro, kamu bisa mampir ke Sate Pak Manto yang ada di Jl. RC Veteran No. 6. Sate buntel dijual sekitar Rp 65 ribu per porsi. Selain itu tersedia juga menu tongseng dan tengkleng rica-rica yang populer.


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT