Ini 7 Minuman Alkohol khas Indonesia, Tuak hingga Arak Bali

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 13 Feb 2022 09:30 WIB
Begini Cara Pembuatan Arak Bali yang Tahan Disimpan Tahunan
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Minuman alkohol bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya beberapa daerah di Indonesia bahkan memiliki minuman alkohol yang dibuat secara tradisional.

Minuman alkohol khas Indonesia ini biasanya dibuat dengan proses fermentasi dan penyulingan. Bahan baku yang paling sering digunakan adalah nira dari aren atau pohon lontar.

Prinsipnya, semakin lama difermentasi, maka akan semakin enak rasa minumannya. Bahkan ada minuman alkohol yang disimpan bertahun-tahun dalam guci atau tong untuk menghasilkan rasa yang enak.

Minuman alkohol tersebut biasanya diminum dalam acara-acara penting, seperti ritual atau upacara adat. Selain itu, minuman alkohol khas Indonesia ini bisa menghangatkan tubuh.

Berikut 7 jenis minuman alkohol khas Indonesia:

1. Tuak

Tuak merupakan salah satu minuman alkohol khas Indonesia yang populer. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tuak, seperti di Lombok, Bali, hingga Tuban, Jawa Timur.

Tuak terbuat dari nira aren yang difermentasi. Umumnya tuak memiliki kadar alkohol sekitar 8%. Namun, kadar alkoholnya bisa ditingkatkan dengan proses penyulingan.

Baca Juga: Pandangan Islam Soal Muslim yang Menjual Minuman Beralkohol

2. Sopi

Sopi, tuak khas MalakaSopi, tuak khas Malaka Foto: Femi Diah/detikTravel

Sopi adalah minuman alkohol khas Flores, Nusa Tenggara Timur. Sopi terbuat dari hasil fermentasi enau atau aren. Proses pembuatan sopi ini memakan waktu cukup lama.

Bagi masyarakat Flores, sopi memiliki filosofi yang dalam. Sopi dijadikan simbol kebersamaan, karena biasanya sopi disajikan dalam acara penting seperti ritual atau upacara adat.

3. Arak Bali

Begini Cara Pembuatan Arak Bali yang Tahan Disimpan TahunanArak Bali jadi daya tarik wisatawan Foto: detikcom/Riska Fitria

Pulau Bali juga punya minuman alkohol khas dan tak kalah populer. Dikenal dengan sebutan arak Bali yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satu desa di Bali yang memproduksi arak adalah Desa Les di Buleleng, Bali Utara.

Arak Bali ini memiliki kadar alkohol sekitar 30-50%. Namun, Arak Bali bukan ditujukan untuk minuman pemicu mabuk. Biasanya dijadikan campuran minum jus atau sirup.

Baca Juga: Viral Pak Ustaz Hentikan Transaksi Minuman Keras di Supermarket

4. Swansrai

Swansrai adalah minuman alkohol yang berasal dari Papua. Swansrai biasanya banyak ditemui di daerah Biak, Papua.Minuman alkohol ini terbuat dari air pohon kelapa yang sudah tua lalu difermentasi.

Kadar alkohol padaswansrai adalah sekitar 20-30%. Umumnya,swansrai diminum untuk acara keluarga dan momen-momen keakraban bersama teman atau kerabat.