ADVERTISEMENT

Muncul Etiket Makan Sate, Netizen Justru Takut Disangka Pakai Susuk

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 12 Feb 2022 17:30 WIB
Chicken satay (sate ayam), Sate Ayam Madura with Lontong and peanut sauce. One of the popular street food in Indonesia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti
Jakarta -

Muncul video tentang etiket atau cara makan sate di acara formal. Netizen justru takut disangka pakai susuk jika melakukannya.

Di TikTok, banyak video dengan konten yang mengajarkan orang-orang menyantap makanan dan minuman sesuai etiket. Mulai dari etiket minum es teh manis dalam plastik sampai yang terbaru ada etiket makan sate di acara formal.

Video ini dibagikan oleh celebrity chef Vindy Lee, lewat akunnya @vindyleetiktok (12/02). Ia cukup sering membagikan tata cara makan sesuai request atau permintaan dari followersnya. Kali ini ia memperagakan cara makan sate yang benar.

"Tergantung jika sate itu makanan pembuka atau makanan utama. Jika sate hanya makanan pembuka, bisa langsung dimakan dari tusuknya seperti biasa. Namun jika sate jadi makanan pembuka seperti ini, lebih baik dagingnya dicopot satu per satu dari colokannya. Jika ingin makan sate dengan lontong, pastikan ukurannya untuk satu suap, jadi tidak gigit-gigit lagi," jelas Vindy dengan nada ramahnya.

Vindy juga membagikan cara melepaskan daging sate dari tusukannya. Pertama tusuk daging sate dengan garpu, kemudian secara perlahan putar tusuk sate hingga daging itu terlepas. Cara ini digunakan, agar daging sate tidak terpental saat orang berusaha melepaskannya dari tusuknya.

Muncul Etiket Makan Sate, Netizen Justru Takut Disangka Pakai SusukMuncul Etiket Makan Sate, Netizen Justru Takut Disangka Pakai Susuk Foto: TikTok @vindyleetiktok

Baca Juga: 4 Etika Makan Pizza, Simak Cara Makan Pizza yang Sopan" selengkapnya

Meski video ini sederhana, tapi sudah berhasil ditonton jutaan kali. Video ini mendapatkan lebih dari 214 ribu likes pengguna TikTok. Banyak juga yang memberikan komentar lucu dan menghibur.

Bahkan ada yang takut jika disangka pakai susuk karena tidak berani makan sate langsung dari tusuknya. Hal ini sesuai mitos yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia.

Banyak orang yang menggunakan susuk diklaim tidak boleh makan sate langsung dari tusuknya agar aura atau efek susuknya tidak hilang.

"Kalau makan sate begitu, nanti dikira make susuk," canda @kyut**, yang dibalas oleh Vindy Lee untuk tetap berpikiran positif.

"Gue takut dikira pake susuk kalau makan kayak gitu," sambung @nur***.

"Di sini kalau makan sate pake sendok dikira pake susuk, soalnya gak berani makan pake tusukan langsung" komen @an**.

Meski banyak netizen yang mengkhawatirkan cara makan ini takut disangka pakai susuk, banyak juga yang berterima kasih kepada Vindy. Ia dianggap sudah memberikan informasi etiket makan seperti ini secara cuma-cuma.

"Terima kasih atas pembelajaran table manner yang gak pernah saya dapatkan dari manapun," pungkas @mann**.

Selain video etiket makan sate, ada juga etiket saat menyantap hidangan Korea sampai etiket makan pizza yang sopan.

Baca Juga: Ikuti Etika Makan Ini Saat Menyantap Hidangan di Korea" selengkapnya



Simak Video "Ini Dia Kuliner Ekstrem Sate Kuda dan Satu-satunya di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT