Unik! Petani di Jepang Gunakan Palu Untuk Perbanyak Hasil Panen Jamur

Devi Setya - detikFood
Selasa, 08 Feb 2022 18:00 WIB
jamur shitake
Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng
Jakarta -

Banyak trik yang digunakan para petani untuk meningkatkan hasil panen. Seperti petani di Jepang yang mengandalkan palu untuk memperbanyak hasil panen jamur shitake.

Pertanian di Jepang dikenal dengan penerapan teknik modern berteknologi tinggi. Hasil pertanian seperti sayuran dan buah asal Jepang juga terkenal premium. Namun di tengah modernisasi ini masih ada beberapa petani konvensional yang mengandalkan cara manual untuk bertani.

Salah satunya para petani jamur shitake di Prefektur Oita, pulau Kyushu yang dikenal sebagai sentra produsen jamur shitake. Dilansir dari Soranews (8/2) para petani jamur ini mengandalkan palu sebagai alat untuk memperbanyak hasil panen.

petani di Jepang Gunakan Palu Untuk Perbanyak Hasil Panen JamurHasil tanam jamur shitake Foto: Soranews

Jamur shitake tidak tumbuh di atas tanah, layaknya sayuran atau buah lain. Jamur justru membutuhkan batang pohon sebagai media tanam. Para petani akan menggunakan batang pohon yang sudah disiram dengan air lalu didiamkan selama 2 minggu.

Setelah itu, batang pohon ini dipukul berulang kali menggunakan palu. Teknik ini memang sedikit terkesan aneh bagi orang awam. Namun Pusat Bimbingan Penelitian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Prefektur Oita menyebutkan kalau teknik ini terbukti mampu membuat produksi jamur meningkat.

Organisasi pertanian ini telah melakukan percobaan untuk membandingkan efek memukul batang kayu dengan palu dan membiarkan batang kayu tidak dipukul. Hasilnya, batang kayu yang dipukul palu berhasil meningkatkan produksi jamur shitake hingga dua kali lipat dibandingkan batang kayu yang tidak dipukul palu.

Dari hasil percobaan ini, para petani direkomendasikan untuk memukul batang kayu yang akan dijadikan media tanam jamur. Pukul sebanyak lima kali pada bagian belakang batang kayu kemudian pukul lagi lima kali pada bagian depannya.

Cara ini sebenarnya sudah lama dilakukan oleh para petani dan diwariskan secara turun-temurun. Para peneliti belum menemukan alasan mengapa memukul kayu bisa meningkatkan produksi jamur. Kemungkinan adanya getaran dari pukulan ini membuat komponen dalam batang kayu menjadi gembur sehingga jamur mudah tumbuh.

jamur shitakeIlustrasi palu Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Karena cara ini terbukti efektif, rata-rata para petani jamur di Jepang memiliki palu andalan untuk memukul batang pohon. Berkat hasil produksi jamur yang meningkat, penghasilan para petani pun akan melonjak.

Di Jepang, jamur shitake terbilang favorit, banyak makanan Jepang yang diolah dengan tambahan jamur ini. Selain rasa dan aromanya yang sedap, jamur shitake juga memiliki manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah obesitas hingga menjaga kesehatan otak.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)