Harga Snack Jadul di Jepang Ini Akhirnya Naik Setelah 40 Tahun

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 07 Feb 2022 14:30 WIB
Harga Snack Jadul di Jepang Ini Akhirnya Naik Setelah 40 Tahun
Foto: SCMP/Reuters
Jakarta -

Harga snack jadul di Jepang ini tidak pernah naik sejak dijual di pasaran, tapi untuk pertama kalinya setelah 40 tahun, harganya kini naik. Kenapa ya?

Kenaikan harga pangan dan produksi tentunya berpengaruh pada harga makanan dan snack. Tapi berbeda dengan Umaibo Corn Puff yaitu snack atau jajanan jadul di Jepang yang pertama kali diluncurkan pada 1979.

Dilansir dari VOA News (05/02), Umaibo terkenal sebagai stick yang terbuat dari jagung. Harganya hanya 10 yen (Rp 1,200). Harga ini tentunya sangat murah, tapi Umaibo tidak pernah menaikkan harganya.

Baca Juga: 4 Jajanan Jadul Viral Ini Bikin Nostalgia, Ada Gulali Soda hingga Rambut Nenek" selengkapnya

Baru di bulan April 2022 mendatang, Yaokin Corp selaku produsen Umaibo mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan harga snack jadul tersebut menjadi 12 yen (Rp 1,500).

Kenaikan harga ini cukup menarik perhatian karena Umaibo harganya selalu sama selama 40 tahun terakhir. Ada alasan tersendiri mengapa Yaokin Corp menaikkan harga snack ini. Pertama karena naiknya harga bahan-bahan makanan mentah dan biaya transportasi.

Kemudian harga kebutuhan terus naik di berbagai negara. Padahal Yaokin Corp sengaja mempertahankan harga yang sama selama puluhan tahun karena takut kehilangan pembeli.

Meski kenaikkan harganya hanya sedikit, tapi beberapa pelanggan setia Umaibo cukup terkejut sekaligus sedih mendengar kabar ini.

"Umaibo itu harganya sama selama puluhan tahun. Jadi kenaikan dua yen ini cukup menarik perhatian, jujur saya terkejut," kata Noriko Eda selaku salah satu pelanggan Umaibo.

Harga Snack Jadul di Jepang Ini Akhirnya Naik Setelah 40 TahunHarga Snack Jadul di Jepang Ini Akhirnya Naik Setelah 40 Tahun Foto: SCMP/Reuters

Umaibo sendiri memiliki 15 varian rasa. Mulai dari rasa telur ikan, sup krim jagung, keju dan masih banyak lagi.

Setidaknya ada lebih dari 700 juta kemasan Umaibo yang terjual setiap tahunnya. Harganya yang murah membuat camilan ini bisa dibeli oleh siapa saja, bahkan orang-orang yang berasal dari keluarga menengah ke bawah.

Sementara bagi banyak orang, Umaibo sudah menjadi makanan nostalgia yang memiliki banyak kenangan tak terlupakan untuk mereka.

Baca Juga: Es Potong Jadul Disebut Tak Higienis, Ribuan Netizen Beri Komentar" selengkapnya



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)