Es Potong Jadul Disebut Tak Higienis, Ribuan Netizen Beri Komentar

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Jan 2022 18:00 WIB
es loli dan es potong Foto: detikFood
Jakarta -

Es potong termasuk salah satu jajanan jadul yang ngangenin. Tapi ada saja yang menyebut jajanan ini tak higienis. Netizen pun tak terima dan melemparkan komentar.

Banyak jajanan jadul era 90-an yang sederhana tapi bikin kangen. Salah satunya es potong yang disajikan dengan celupan cokelat cair. Jajanan murah meriah ini dahulu pernah jadi primadona.

Sebuah video dibagikan oleh pemilik akun TikTok @jajanteruspastikurus2 soal es potong jadul. Dalam video ini terlihat seorang penjual memotong es yang aslinya berukuran panjang. Es ini kemudian dicelupkan dalam cokelat cair sebelum diberikan pada pembelinya.

Es Potong Jadul Disebut Tak Higienis, Ribuan Netizen Beri KomentarEs Potong jajanan jadul Foto: @jajanteruspastikurus2

Sayangnya, setelah melihat video ini ada seorang netizen yang mengatakan kalau es ini jorok dan tidak higienis. Komentar dari netizen ini langsung dibalas oleh puluhan ribu netizen yang mengatakan kalau es potong ini enak.

"Ini juga ga higienis," tulis seorang netizen.

Unggahan video pada Rabu (5/1) ini langsung ramai diserbu netizen yang membeli es potong. Meskipun tampak tidak higienis tapi rasa es potong ini tak terkalahkan jika dibandingkan es kekinian. Lebih dari 20 ribu komentar netizen terlihat di video ini.

"Si paling higienis, positif aja mungkin dia beli nya di campur sama sabun biar higienis," kata netizen.

"Gak higienis kan untuk sekarang....toh orang dulue makannya gak higienis tpi sehat2 kok. malah bdannya ginuk ginuk," sahut netizen lain.

"Bapak gua jualan es bgtuan dan gua ga mati setelah makan es itu dan malah tumbuh sehat serta punya karyawan 3," ujar netizen yang juga anak penjual es potong.

"Higienis atau ga higienis yg penting makanan jadul itu enak banget, bikin nostalgia kalo makannya," timpal penggemar es potong.

Ketika dikonfirmasi DetikFood (11/1) sang pemilik akun TikTok yang bernama Eghi Kurniawan ini mengatakan bertemu dengan penjual es potong di kawasan Tangerang Selatan. Eghi merasa beruntung bisa bertemu dengan penjual es potong ini karena ia mengaku sulit mencarinya.

"Di tangerang. cuman jarang lewat. Jadi beruntung pas ketemu," kata Eghi.

Es Potong Jadul Disebut Tak Higienis, Ribuan Netizen Beri KomentarEs potong dicelup cokelat cair Foto: @jajanteruspastikurus2

Ia juga mengatakan satu potong es ini dibanderol Rp 3000 saja. Soal rasa pun Eghi mengatakan rasanya masih sama seperti dulu. Favoritnya adalah es potong rasa coklat.

"Masih kaya dulu ko, apa lagi coklat nya. enak harganya Rp 3.000 aja," lanjut Eghi.

Soal unggahan es potong yang viral dan mendapat 20 ribu komentar netizen, Eghi mengaku sama sekali tak menyangka. Ia juga sempat kaget kalau videonya diserbu komentar netizen.


"Iya aku juga kaget bisa serame itu video aku. Tapi intinya banyak orang suka es potong dan nggak ada yang menganggap jorok," pungkas Eghi.



Simak Video "Es Kapal, Es Jadul di Solo yang Eksis Sejak Tahun 1950-an"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com