ADVERTISEMENT

Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Belanja Makanan Rp 3,1 Juta Selama 2021

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 06 Feb 2022 14:00 WIB
Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Belanja Makanan Rp 3,1 Juta Selama 2021
Foto: Ladbible
Jakarta -

Menghemat pengeluaran bukan hal mudah karena butuh trik dan komitmen. Wanita ini buktikan ia bisa hanya menghabiskan Rp 3,1 juta untuk belanja makanan selama 2021. Seperti apa triknya?

Mengutip Ladbible (1/2/2022), Sharon Adams menarik perhatian publik karena cara hidupnya yang super hemat. Ia sangat selektif dalam menggunakan uangnya, termasuk dalam hal belanja makanan.

Wanita 48 tahun ini hanya membeli makanan di supermarket yang memiliki stiker kuning. Adanya stiker menunjukkan kalau harga makanan tersebut sudah didiskon, tidak seperti sebelumnya.

Menurut Sharon, kemampuannya berhemat bukan hal yang dicapai dalam semalam saja, melainkan butuh waktu 10 tahun agar dia memahami 'seni berhemat'. Ia juga rajin melihat aplikasi makanan, Olio.

Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Belanja Makanan Rp 3,1 Juta Selama 2021Makanan berstiker kuning di supermarket jadi incaran Sharon karena berarti diskon Foto: Ladbible

Lewat aplikasi ini, pengguna bisa berbagi informasi sekaligus memberi makanan kepada orang lain secara gratis. Sharon tentu saja sangat cocok dengan fungsi aplikasi ini.

Wanita yang tinggal di Pontypridd, Wales, Inggris ini juga rajin ke supermarket lokal untuk memantau harga barang kebutuhan sehari-hari. Ia pernah mendapat diskon besar-besaran, dari yang tadinya harus bayar 40 pound sterling (Rp 779 ribu) menjadi bayar 2.40 pound sterling (Rp 46.700) saja.

Di rumahnya, Sharon memiliki 2 freezer besar untuk menjaga kesegaran bahan-bahan makanan yang ia beli. Saat ini, freezernya penuh dengan bahan makanan berstiker kuning yang ia beli sebelum Natal sehingga harganya tidak mahal.

"Stiker kuning di supermarket benar-benar membantu saya dalam berhemat. Jika saya bisa mengetahui ada stiker kuning bakal keluar, saya akan mendapatkannya," ujar Sharon.

Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Belanja Makanan Rp 3,1 Juta Selama 2021Sharon hanya menganggarkan sekitar Rp 194 ribu per minggu untuk belanja makanan Foto: Ladbible

Ia hanya menganggarkan 10 poundsterling (Rp 194 ribu) per minggu untuk belanja makanan. "Saya lebih suka pergi ke supermarket Morrisons dan Asda di malam hari karena mereka selalu menawarkan harga diskon terbaik," sambungnya.

Selama 2021, dirinya mengaku hanya mengeluarkan uang 163 pound sterling atau sekitar Rp 3,1 juta untuk belanja makanan. Benar-benar hemat!

Dalam trik hematnya ini, Sharon benar-benar memantau tiap supermarket di sekitarnya untuk mendapat penawaran terbaik. Ada beberapa supermarket yang menurutnya memiliki hal itu.

"Harga makanan selalu sangat murah karena makanan yang saya dapatkan entah gratis dari Olio atau sudah dikurangi harganya besar-besaran oleh stiker kuning," pungkas Sharon.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT