Rekomendasi Tempat Makan

5 Ayam Goreng Ini Kelezatannya Viral di TikTok, Ada Favorit Raditya Dika

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 05 Feb 2022 17:00 WIB
5 Kelezatan Ayam Goreng Ini Viral di TikTok, Ada Favorit Raditya Dika
Foto: Instagram kulinerjabodetabek
Jakarta -

Ayam goreng adalah 'comfort food' untuk banyak orang Indonesia. Di TikTok, ada beberapa rekomendasi ayam goreng favorit warganet. Salah satunya bahkan favorit Raditya Dika sejak ia SMA.

Ayam goreng memang menu sederhana, hanya berupa potongan ayam yang dibaluri bumbu tradisional, kemudian digoreng matang. Ada yang versi sedikit basah dan garing. Penyajiannya juga ada yang polos dan ditambahkan kremes.

Ayam goreng terasa makin nikmat saat disandingkan dengan lalapan dan cocolan sambal. Pendampingnya bisa nasi putih atau nasi uduk.

Di TikTok, warganet ramai-ramai memberi rekomendasi ayam goreng enak. Lokasinya tersebar di Jakarta Selatan, Timur, hingga Barat.

Ada di mana saja ya? Berikut 5 rekomendasi ayam goreng enak:


1. Ayam Goreng Berkah

5 Kelezatan Ayam Goreng Ini Viral di TikTok, Ada Favorit Raditya DikaAyam Goreng Berkah menawarkan ayam goreng kalasan sejak 1963 Foto: detikfood

Sejak lama Ayam Goreng Berkah jadi menu favorit penggemar ayam goreng. Hadir sejak 1963, restoran ayam goreng ini selalu laris manis, bahkan dalam sehari bisa habiskan hingga 700 ekor ayam.

Ayam gorengnya merupakan gaya Kalasan yang gurih sedikit manis. Ayam Goreng Berkah juga menyediakan sambal bajak dan perasan jeruk nipis yang jadi 'jodoh' sempurna untuk ayam goreng. Di sini kamu bisa beli ayam goreng dalam pilihan seekor utuh. Harganya Rp 78 ribu, kalau 1/2 ekor sekitar Rp 40 ribu.

Ayam Goreng Berkah
Jl. Wijaya IX No.4, Melawai, Jakarta Selatan
Telepon: 0812 8445 7444

Baca Juga: Ayam Goreng Jawa Berbumbu Sederhana yang Legendaris Ada di Sini

2. Ayam Bulungan

5 Kelezatan Ayam Goreng Ini Viral di TikTok, Ada Favorit Raditya DikaMenu Ayam Bulungan yang jadi favorit Raditya Dika Foto: Instagram makan_meh

Tempat makan ayam goreng viral ini adalah favorit komika Raditya Dika. Namanya Ayam Bulungan yang berlokasi di Blok M. Hadir sejak 1973, rumah makannya selalu dipenuhi pelanggan setia.

Menu ayam bulungan merujuk pada ayam bakar, sementara ayam metropolitan adalah ayam goreng. Ayamnya empuk dan teksturnya super lembut. Harganya Rp 30 ribu per 1/4 ekor. Selain olahan ayam, di sini tersedia soto Kudus, tahu telor, dan sambal goreng babat, dan gudeg.

Ayam Bulungan
Gedung Ayam Bulungan, Lantai 2Jl. Bulungan I No. 64, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon: 021 7222005, 021 7244962

3. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket

5 Kelezatan Ayam Goreng Ini Viral di TikTok, Ada Favorit Raditya DikaAyam goreng Mat Lengket yang gurih sedikit basah enak disandingkan dengan nasi uduk Foto: Instagram ad_nita

Tak jauh dari Stasiun Klender, ada tempat makan ayam goreng enak yang belakangan viral di media sosial. Adalah Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket yang belum lama ini diundang Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ke Andara untuk menjajakan dagangannya.

Ayam goreng di sini jenis yang tak terlalu kering. Teksturnya juicy dengan rasa gurih meresap. Paling enak melahap ayam goreng dengan nasi uduk dan semur jengkol. Pelengkap lainnya adalah ati ampela, semur tahu, orek tempe, dan sate telur puyuh.

Harga sepotong ayam goreng Rp 20 ribuan. Untuk nasi uduknya Rp 9 ribuan dan ati ampela sekitar Rp 6 ribu. Jangan lupa juga mencicipi sambal ayam goreng yang enak di sini.

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket
Jl. Bekasi Timur Raya No.KM. 17, RW.2, Jatinegara Kaum, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur
Telepon: 0877-8873-8923

Baca Juga: Nasi Uduk Mat Lengket: Menyantap Nasi Uduk Komplet Plus Semur Jengkol Nikmat

Rekomendasi ayam goreng masih ada di halaman selanjutnya.