Mirip Donat, Kue dari Kencing Ini Dibuat Untuk Menangkal Penyihir

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 04 Feb 2022 16:00 WIB
Mirip Donat, Kue dari Kencing Ini Dibuat Untuk Menangkal Penyihir
Foto: GastrObscura/Site News
Jakarta -

Tak hanya di Asia, di Inggris pun dulu banyak warganya yang percaya dengan penyihir. Bahkan ada kue khusus yang dibuat untuk menangkal ilmu hitam.

Hal-hal yang berbau klenik atau mistis ternyata tak hanya familiar bagi orang-orang di negara Asia saja. Di negara Barat seperti di Inggris pun, dulu sangat kental dengan budaya penyihir sampai ilmu sihir yang dianggap berbahaya.

Bahkan dulu di tahun 1600-an, warga Inggris sempat membuat kue anti penyihir dari air kencing yang diberi nama Witch Cake. Kue ini dibuat untuk mencegah dari penyihir hingga dukun memasuki rumah mereka.

Berikut uraian kisah kue anti penyihir yang dikenal dengan nama Witch Cake.

Baca Juga: Gingerbread, Kue Berempah dari Dunia Dongeng hingga Jadi Ikon Natal" selengkapnya


1. Sejarah Awal Witch Cake

Mirip Donat, Kue dari Kencing Ini Dibuat Untuk Menangkal Penyihir Menangkal Penyihir Foto: GastrObscura/Site News

Selama berabad-abad, banyak orang di Inggris yang takut dengan sosok penyihir. Terutama mereka yang tinggal di wilayah pedalaman, di mana warga percaya bahwa semua kejadian buruk merupakan perilaku para penyihir yang mengganggu manusia.

Untuk menangkal penyihir datang dan bebas dari kutukan, para warga di Yorkshire setiap awal bulan April membuat 'Witch Cake'.

Kue ini lebih mirip seperti donat dengan bahan utama tepung, dan dicampur dengan air kencing atau urine. Bentuknya dibuat bulat dengan runcing tajam di setiap ujungnya.

2. Bahan Utama Pembuatan Witch Cake

Ada sejarah panjang mengapa Witch Cake ini cukup populer di wilayah Inggris, terutama di kota Yorkshire. Karena dulu banyak yang percaya bahwa orang-orang yang menguasai ilmu sihir adalah orang jahat.

Untuk mengalihkan perhatian atau menangkal ilmu sihir masuk ke dalam rumah, dan menghantui para warga. Orang-orang di sana mulai membuat kue aneh yang dipercaya dapat menangkal ilmu sihir.

Bahan-bahan pembuatan Witch Cake ini berupa tepung daeri biji rye. Kemudian diaduk dengan air kencing korban atau anggota keluarga yang tengah sakit hingga kalis, kemudian dipanggang sampai bentuknya keras.



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]