ADVERTISEMENT

Toko Kue di Bangkok Ini Buat Makanan Sesajen Imlek dari Puding Kelapa

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 03 Feb 2022 16:31 WIB
Toko Kue di Bangkok Ini Buat Makanan Sesajen Imlek dari Puding Kelapa
Foto: Ahtit Perawongmetha/Reuters
Jakarta -

Saat perayaan imlek banyak orang yang membeli daging babi sampai ayam untuk jadi sesajen. Tapi di toko ini sesajen tradisional dibuat dari puding kelapa.

Tak hanya di China saja, perayaan tahun baru China atau Imlek juga berlangsung meriah di Thailand. Banyak makanan-makanan hingga kue yang disajikan saat perayaan Imlek.

Salah satu yang paling diingat saat Imlek adalah di mana orang-orang memberikan sajian atau sesajen berbagai makanan enak, untuk para leluhur atau anggota keluarga yang sudah tiada.

Sajian ini biasanya berupa aneka buah-buahan, daging babi, ayam utuh kukus, bebek panggang dan masih banyak lagi. Tentunya harga-harga makanan ini sangat mahal, meski berujung tidak dimakan dan hanya untuk jadi sajian saja.

Dilansir dari SCMP (03/02), melihat peluang ini, akhirnya salah satu toko kue bernama Namjai di Bangkok, Thailand, memutuskan untuk membuat makanan-makanan khas Imlek dalam bentuk puding kelapa yang diolah dari santan.

Baca Juga: Healthy Cookies dari Sepotong Kisah Manis Cocok untuk Rayakan Imlek" selengkapnya


Bentuk kue-kue ini mirip puding, bedanya bagian atas kue dicetak dengan hiasan berbentu makanan dan buah yang biasa disajikan untuk sajian saat Imlek.

Toko Kue di Bangkok Ini Buat Makanan Sesajen Imlek dari Puding Kelapa Buat Makanan Sesajen Imlek dari Puding Kelapa Foto: Ahtit Perawongmetha/Reuters

"Kebanyakan orang di Bangkok masih ingin melestarikan budaya mereka dengan memberikan sesajen kepada leluhur saat Imlek," jelas Thanapach Montraprasit, selaku pemilik dari toko kue Namjai.

"Meskipun produk puding kami bukan makanan asli seperti daging ayam atau daging bebek. Tapi kami membuat paket puding dengan hiasan makanan-makanan yang biasa disajikan orang untuk sesajen," sambungnya.

"Menurut saya sekarang biaya hidup juga semakin mahal. Harga daging ayam dan daging bebek melambung tinggi. Jadi banyak orang yang membeli puding ini sebagai alternatif baru," tuturnya.

Meski terkesan sederhana dan hanya berupa tiruan saja. Tapi puding kelapa santannya ini ternyata laris manis di pasaran, apalagi jelang Imlek kemarin. Setidaknya toko kue Namjai mendapatkan lebih dari 500-1000 pesanan dari orang-orang, sampai mereka cukup kewalahan.

Harganya juga murah, untuk satu paket puding kelapa dengan hiasan aneka makanan dan kue di atasnya per kotaknya sekitar USD 27 (Rp 388.000) isi sembilan buah.

"Kita memiliki banyak pesanan. Bahkan kita tidak bisa mengambil semua pesanan," tuturnya.

Para pelanggan juga merasa bahwa puding ini merupakan pilihan yang lebih murah, dan lebih fotogenik dibandingkan menu makanan tradisional yang asli.

Toko Kue di Bangkok Ini Buat Makanan Sesajen Imlek dari Puding KelapaProses Pembuatan Makanan Sesajen Imlek dari Puding Kelapa Foto: Ahtit Perawongmetha/Reuters

"Saya kan hidup sendiri, cukup merepotkan untuk mencari semua makanan untuk sesajen sendirian. Seperti mencari ayam kukus sampai bebek panggang, banyak sekali yang harus dibeli dan sulit dibeli karena COVID-19. Tapi dengan adanya kue ini jadi lebih praktis, rasanya juga enak dan bentuknya bagus," ungkap Naree Boonyakiat salah satu pelanggan Namjai.

Ternyata tak hanya bentuknya saja yang bagus dan menggemaskan, puding kelapa ini juga memiliki rasa yang enak. Jadi bisa untuk sesajen atau camilan bersama keluarga.

Sampai sekarang toko kue Namjai terus membuat pesanan-pesanan kue lainnya. Toko kue ini memang terkenal dengan sajian dessert homemade yang enak.

Baca Juga: Praktis! Bisa Beli Kue Keranjang Imlek di 5 Toko Online Ini" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Puas Kulineran Khas Thailand di PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT