Raos Pisan! Jajanan Sunda yang Hits Enaknya

Jajan Khas Sunda yang Hits dan Murah Meriah, Cimol hingga Cirambay

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 02 Feb 2022 16:30 WIB
Jajanan Jawa Barat
Foto: iStock
Jakarta -

Jawa Barat memiliki aneka jajanan tradisional. Kebanyakan jajanannya berbahan dasar aci, seperti cimol, cireng hingga cirambay yang kini jadi jajanan hits.

Jajanan khas Jawa Barat memang identik dengan aci. Aci berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah tepung kanji. Adonannya bertekstur lentur ketika dicampurkan dengan air.

Dari adonan aci tersebutlah yang kemudian menghasilkan berbagai jajanan lezat. Bahkan semua jajanan Jawa Barat berbahan aci memiliki singkatan nama yang unik.

Seperti cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng. Jajanan Jawa Barat yang satu ini sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Resepnya sederhana, hanya berupa tepung kanji dan bumbu penyedap saja.

Baca Juga: Resep Cibay, Aci Ngambay yang Gurih Mulur Khas Jawa Barat

Jajanan Jawa BaratSeblak jadi Jajanan Jawa Barat populer dan banyak diminati Foto: iStock

Ada juga cilok atau aci dicolok, jajanan ini berbentuk bulat-bulat seperti bakso kemudian ditusuk menggunakan lidi seperti sate. Biasanya cilok disajikan dengan bumbu kacang.

Tak kalah populer ada juga cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol. Jajanan aci ini berbentuk bulat dengan tekstur yang agak alot. Biasanya disantap dengan tambahan bumbu bubuk.

Dan yang sedang viral belakangan ini ada jajanan bernama cirambay. Cirambay merupakan singkatan dari aci rambay. Kata 'rambay' dalam bahasa Sunda artinya adalah berjuntai.

Jadi, cirambay ini berupa mie yang terbuat dari aci. Mie tersebut bertekstur mulut dan berjuntai kemudian dimasak dengan bumbu yang super pedas.

Baca Juga: Berawal dari Gerobak Pinjaman, Baso Aci Akang Kini Punya 600 Karyawan

Jajanan Jawa BaratJajanan Jawa Barat cimol ini banyak dikreasikan dengan berbagai varian kekinian Foto: iStock

Awal kepopuleran cirambay ini berawal dari pengguna TikTok yang mengunggah video tutorial membuat cirambay. Video itu pun jadi viral dan membuat netizen lainnya penasaran dan ikut mencoba membuat cirambay.

Berangkat dari itu pula, kini banyak orang yang menawarkan cirambay dalam kemasan. Ada yang siap makan ada pula yang frozen. Selain itu, cirambay kini banyak dikreasikan jadi lebih kekinian.

Misalnya cirambay charcoal sehingga warnanya menjadi hitam pekat. Ada juga yang dipadukan dengan keju mozarella, sehingga teksturnya menjadi lebih mulur.

Jajanan Jawa BaratJajanan Jawa Barat seblak Foto: iStock

Bukan hanya cirambay saja yang diracik jadi lebih kekinian, jajanan Jawa Barat berbahan aci lainnya pun demikian. Seperti cireng misalnya yang kini dibuat dengan berbagai isian.

Mulai dari isi keju, ayam, kornet dan lainnya. Tak kalah kekinian, ada pula cimol yang kini banyak ditawarkan oleh gerai-gerai online dengan berbagai varian.

Bahkan jajanan Jawa Barat berbahan aci tersebut jadi bisnis kuliner yang menjanjikan. Saking tingginya minat konsumen, sampai ada jasa-jasa titip membeli dari daerah aslinya langsung.

Nah, di ulasan detikFood kali ini kami akan membahas serba-serbi jajanan Jawa Barat yang hits. Mulai dari resep dan cara membuat hingga rekomendasi tempat membelinya. Karenanya simak terus ulasan detikFood ya!.

Baca Juga: 3 Baso Aci Punya Artis yang Lagi Viral, Mana yang Paling Enak?



Simak Video " Resep Bakso Aci Mercon"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)