Sajian Lezat Imlek 2022

Ini Sebabnya Bubur Pantang Dimakan Saat Hari Raya Imlek

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 01 Feb 2022 13:30 WIB
Congee, Rice porridge with minced pork, boiled egg and century egg, great for breakfast.
Foto: iStock
Jakarta -

Bubur jadi makanan yang dilarang bahkan diharamkan dimakan saat perayaan tahun baru China atau Imlek. Tentunya ada alasan tersendiri mengapa bubur di larang.

Perayaan tahun baru China tak lepas dari mitos makanan hingga buah pembawa keberuntungan. Sampai makanan yang sebaiknya dihindari untuk dimakan ketika perayaan Imlek.

Dilansir dari MalayMail (01/02), ada beberapa kebiasaan yang sejak dulu dipercaya masyarakat keturunanChina yang merayakan Imlek, bahwa hal-hal ini bisa membawa nasib buruk di tahun yang akan mendatang.

Seperti bersih-bersih rumah dan membuang sampah pada hari Imlek. Kemudian mengenakan pakaian berwarna hitam atau gelap, menggunakan benda tajam seperti pisau atau gunting, sampai menyantap bubur untuk sarapan.

Dari semuanya, mungkin yang terbilang unik adalah larangan menyantap bubur. Karena sebagaimana yang diketahui sebelumnya, bubur merupakan salah satu makanan pokok di China dan di beberapa negara Asia.

Porridge, abalone & chicken Porridge (congee) served in claypotLarangan Makan Bubur Saat Imlek. Foto: iStock

Baca Juga: Bersihkan Alat Makan hingga Ngemil Bareng Keluarga, Tradisi Imlek Sejak Dulu" selengkapnya

Namun bubur justru diharamkan untuk di makan saat Imlek tiba. Kepercayaan untuk menghindari sarapan di hari pertama Imlek dengan makan bubur ini sudah ada sejak dulu kala.

Larangan ini berkaitan denganpada masa lalu bubur dianggap sebagai makanan untuk orang miskin. Hanya orang-orang yang tidak memiliki uang yang bisa makan bubur. Karena bubur dibuat dari sedikit beras yang dimasak dengan banyak air.

Dari sini lah muncul kepercayaan bahwa bubur ini bisa memberikan aura negatif atau nasib buruk kepada orang-orang. Karena bubur dianggap sebagai menu sarapan untuk orang miskin.

Memang tidak ada penjelasan atau bukti ilmiah tentang mengapa menu bubur diharamkan untuk disajikan saat Imlek. Tapi kepercayaan ini masih dipegang teguh hingga sekarang oleh orang-orang yang merayakan Imlek.

malaysian chinese family chinese new year reunion dinner having traditional dishes raw fish lau sang yee sangIlustrasi acara makan-makan saat Imlek. Foto: Getty Images/chee gin tan

Ada juga kaitan lainnya yang menyambungkan bahwa bubur yang identik sebagai makanan orang miskin. Bisa membawa dampak buruk, karena tidak ada orang yang mau mengawali tahun dengan menyantap makanan untuk orang miskin.

Selain bubur, ada juga larangan menyantap daging saat sarapan di hari raya Imlek. Sebagai bentuk penghormatan kepada umat Budha dan para Dewa yang dipercaya tidak membunuh hewan.

Karena para Dewa dipercaya akan datang dan berkumpul untuk mengucapkan tahun baru ke satu sama lain.

Selain larangan menyantap bubur dan makan daging. Ada beberapa makanan lainnya yang dianggap membawa nasib buruk jika disantap saat Imlek. Seperti salak, lobster, makanan yang berwarna putih sampai sayap ayam.

Baca Juga: 5 Makanan Imlek Ini Pecahkan Rekor, Ada Kue Keranjang Terbanyak dan Terbesar" selengkapnya



Simak Video "Ikut Rayakan Imlek, 'Gatotkaca' Bagi-bagi Sego Berkat di Klenteng"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)