Nasek Karak, Camilan Gurih Teman Ngopi dari Situbondo

Chuck Shatu Widarsa - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 11:30 WIB
Nasek Karak, Makanan Khas Situbondo Solusi Kudapan Pendamping Kopi
Foto: Chuk Shatu Widarsha
Situbondo -

Karak atau nasi yang telah dikeringkan di Situbondo ditanak lagi jadi camilan bernama 'Nasek Karak'. Paling cocok buat teman ngopi. Sedep mantep!

Nasek Karak berasal dari bahasa warga setempat. Nasek, dalam bahasa Indonesia artinya nasi. Dan, Karak yang berarti nasi sisa yang telah dikeringkan.

Nasek Karak merupakan makanan khas di wilayah berjuluk Kota Santri ini. Konon, menu ini sudah ada sejak dulu kala, diwariskan turun temurun. Biasanya disajikan sebagai menu makan berat atau kudapan sore, sembari minum kopi.

Penyajian Nasek Karak cukup sederhana. Yakni nasi berbahan karak itu ditanak seperti nasi putih biasa. Lalu ditaburi kelapa parut yang telah diaduk dengan sedikit garam agar rasanya gurih enak.

Lauk utamanya adalah ikan tongkol atau cakalan yang telah diolah, kemudian disuwir tipis. Juga ada irisan tahu yang telah dimasak sebagai pelengkap.

Sebagai topping, tergantung selera. Bisa telor yang telah didadar, ayam, daging sapi, atau lainnya. Ditambah sambal dan kerupuk sebagai pelengkap.

Nasek Karak, Makanan Khas Situbondo Solusi Kudapan Pendamping KopiNasek Karak, Makanan Khas Situbondo Foto: Chuk Shatu Widarsha

Cara penyajiannya cukup sederhana. Olahan ikan tongkol atau cakalan dan tahu, serta topping tambahan tersebut lantas dicampur dengan nasi karak yang sudah diaduk dengan kelapa parut. Lebih afdol jika disajikan hangat. sedep mantep!

"Sejak saya kecil dulu, nasi karak ini memang sudah jadi menu khas di daerah sini," ujar Mahbub (59), warga Mangaran, Situbondo, saat berbincang dengan detikJatim.com, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, dari cerita-cerita para leluhurnya, menu nasi karak memang sudah ada. Bahkan, nasi karak yang berasal dari sisa jadi nasi yang dikeringkan itu menjadi makanan pokok keluarga.

"Sekarang di beberapa daerah sudah banyak yang jual di warung, dan dijadikan sajian khas," pungkas Mahbub.

Sementara menurut Diana, warga Patokan, Situbondo, menu Nasi Karak ini di beberapa titik di Situbondo sudah mulai ada. Meski hanya di daerah tertentu. Diantaranya Penarukan, Patokan, Sumber Kolak, serta beberapa titik lainnya. Peminatnya juga banyak.

Untuk warung-warung yang menyediakan menu Nasi Karak itu, biasanya buka sore hingga malam. Karena menu ini sebagai kudapan atau makanan ringan sambil nongkrong dan ngobrol santai. Tentu saja makin mantap dinikmati dengan kopi hangat.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Sego Uduk Karak"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)