5 Cara Simpan Bahan Makanan Segar, Paprika Bisa Awet 2 Bulan!

ADVERTISEMENT

5 Cara Simpan Bahan Makanan Segar, Paprika Bisa Awet 2 Bulan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 06:00 WIB
sandwich paprika
Foto: Istimewa

3. Selada

Jadi sayuran yang sering dikonsumsi, kamu juga perlu tahu cara simpan selada. Terlebih jenis sayuran daun ini benar-benar cepat layu. Amy bisa membuat selada tahan 6 bulan lamanya.

Caranya dengan merendam selada dalam larutan air dan cuka. Perbandingannya 10 cangkir air dengan 1/4 cangkir cuka putih. Rendam selama 2 menit, bilas dan keringkan.

Amy juga menggunakan bantuan alat pengering sayuran (salad spinner) untuk membantu selada agak kering sebelum ditaruh lagi di tisu dapur selama sekitar 2 jam sampai benar-benar kering. Jika sudah kering, selada bisa dimasukkan ke wadah kaca yang sudah dialasi tisu dapur di bawahnya. Simpan di kulkas.

4. Bayam

Viral di Twitter, Bayam Kini Bisa Kirim Email untuk ManusiaBayam bisa tahan hingga 3 minggu dengan tips yang diberikan Amy Foto: Getty Images

Masih menggunakan ramuan 10 cangkir air dengan 1/4 cangkir cuka putih, coba jadikan bayam tahan hingga 3 minggu. Caranya, rendam bayam selama sekitar 2 menit.

Keluarkan dari wadah dan keringkan menggunakan salad spinner. Terakhir, taruh di atas tisu dapur untuk membuatnya benar-benar kering. Setelah itu masukkan bayam ke wadah kaca yang sudah dilapisi tisu dapur. Simpan di kulkas sampai kamu siap mengolahnya.

5. Delima

Satu lagi cara simpan bahan makanan yang bisa kamu tiru dari Amy. Untuk delima, ia sengaja membeli yang buahnya berat karena berarti semakin banyak kandungan airnya.

Rendam dalam larutan air dan cuka kemudian potong-potong. Amy mulai memotong dari bagian mahkotanya. Buat menjadi 4 irisan sehingga ketika mahkota delima diambil, akan ada bentuk X.

Amy juga sengaja menyisakan membran delima dengan cara tidak memotongnya sampai ke tengah. Setelah delima sudah terpotong 4, pisahkan potongannya dengan mengambil dua bagian dan menariknya ke arah berlawanan.

Begitu semua biji delima bisa dikeluarkan, segera taruh di mangkuk. Buang semua yang belum matang. Simpan delima dalam stoples kaca dan simpan di kulkas. Cara ini bisa membuat delima awet sampai 2 minggu. Mau lebih lama lagi? Simpan stoples kaca isi delima di freezer untuk awet hingga 1 tahun!


(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT