Sajian Lezat Imlek 2022

Dimakan Saat Imlek 7 Buah Ini Dipercaya Bawa Keberuntungan

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 17:30 WIB
Buah suguhan imlek Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20
Jakarta -

Beberapa makanan suguhan Imlek bukan hanya enak dan menggoda selera tapi juga memiliki makna. Seperti aneka buah yang dipercaya membawa keberuntungan ketika dimakan saat Imlek.


Ada beberapa makanan yang selalu hadir saat Imlek, seperti olahan ikan bandeng, mie panjang umur hingga kue keranjang. Masing-masing makanan memiliki makna sekaligus menjadi simbol keberuntungan.

Selain kue dan makanan utama, buah yang disuguhkan saat Imlek pun tak boleh sembarangan. Ada buah yang pantang disajikan, namun ada juga buah yang 'wajib' hadir karena memiliki makna keberuntungan.

Dilansir dari Top China Travel (27/1) beberapa buah yang dianggap membawa keberuntungan antara lain jeruk, apel, anggur dan delima. Tak heran kalau masyarakat China selalu menyajikan aneka buah ini saat momen pergantian Tahun Baru China.

Buah ini juga populer dijadikan hantaran atau hadiah untuk keluarga atau kerabat. Setiap buah memiliki makna berbeda mulai dari keberuntungan, kemakmuran hingga kesuksesan.

Berikut beberapa buah yang dianggap membawa keberuntungan saat Imlek:

1. Jeruk

Di China, jeruk selalu menjadi daftar belanjaan wajib untuk Tahun Baru Imlek. Orang China sangat menyukai warna emas, mereka percaya bahwa buah jeruk ini akan membawa mereka kebahagiaan, kemakmuran, dan keberuntungan dalam menghasilkan uang.

Sementara bentuk bulat pada buah jeruk menjadi simbol keberuntungan dan kebersamaan. Semakin bagus kualitas jeruknya maka dipercaya juga keberuntungan akan semakin memihak. Beberapa orang China bahkan membeli pot pohon jeruk dan meletakkannya di rumah. Cara ini diyakini bisa mendatangkan keberuntungan di rumah.

Buah suguhan imlekPomelo atau jeruk bali jadi buah suguhan imlek Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

2. Pomelo

Pomelo menjadi buah yang dianggap membawa keberuntungan sehingga masyarakat China akan menyajikan pomelo untuk disantap bersama keluarga atau kerabat. Secara alami, musim panen buah pomelo berlangsung saat momen Imlek di Cina. Dengan demikian, masyarakat China berpikir bahwa buah pomelo melambangkan momen kumpul keluarga.

Dalam bahasa China, buah pomelo memiliki nama yang mirip dengan arti melindungi. Menyajikan buah ini sama artinya dengan mengharapkan semua kehidupan berjalan dengan baik. Di Indonesia, orang-orang kerap mengganti pomelo dengan jeruk Bali.

3. Apel

Dalam bahasa China, apel memiliki pengucapan yang artinya mirip dengan kata 'aman dan damai'. Dengan demikian ketika orang makan apel saat Imlek, harapannya adalah mendapatkan kedamaian sepanjang tahun. Beberapa toko buah bahkan menyediakan paket buah berisi apel yang bisa dijadikan hadiah Imlek.

Apel yang biasa jadi pilihan adalah jenis apel merah. Apel ini punya rasa manis yang sekaligus menjadi harapan akan kehidupan yang berjalan manis.

Buah suguhan imlekBuah suguhan imlek Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

4. Anggur

Anggur tumbuh bergerombol dalam tangkai, ini melambangkan kelimpahan atau penghasilan rezeki yang baik dan banyak. Dengan makan anggur di hari Imlek, harapannya adalah agar mendapatkan keberuntungan yang selalu menyertai.

Tidak ada patokan untuk jenis anggur yang disajikan dan dikonsumsi, kamu bisa memilih anggur hijau atau anggur merah. Anggur merah melambangkan rasa hormat dan keanggunan, sementara anggur hijau menjadi lambang kesuburan dan kemakmuran.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com