Sajian Lezat Imlek 2022

7 Makanan Imlek Ini Bawa Keberuntungan di Tahun 2022, Apa Saja?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 26 Jan 2022 17:30 WIB
7 Makanan Imlek Ini Bawa Keberuntungan di Tahun 2022, Apa Saja?
Foto: Getty Images/Koh Sze Kiat

5. Ronde

Di Indonesia, sajian ini dikenal dengan nama ronde. Sementara di China, namanya adalah tangyuan. Ronde banyak disajikan dalam acara Festival Lampion dan Festival Musim Semi.

Bentuknya yang bulat dikaitkan dengan reuni dan kumpul bersama keluarga. Tak heran kalau ronde juga tersedia di meja-meja makan orang Tionghoa saat Imlek. Kalimat sebelum memakannya, 'Tuántuán yuányuán' yang artinya 'Selamat kumpul keluarga'!

6. Mie panjang umur

7 Makanan Imlek Ini Bawa Keberuntungan di Tahun 2022, Apa Saja?Makan mie panjang umur atau Chángshòu Miàn diharapkan bisa membuat seseorang panjang umur Foto: Getty Images/Koh Sze Kiat

Makanan Imlek ini punya banyak penggemar. Namanya Chángshòu Miàn atau Longevity noodles atau mie panjang umur. Sesuai namanya, makan mie ini diharapkan bisa membuat seseorang panjang umur.

Berbeda dengan mie biasa, mie ini jauh lebih panjang dan disajikan tanpa terputus. Saat memakannya, diharapkan seseorang juga tidak memutus mie di tengah-tengah. Mie panjang umur bisa disajikan goreng atau rebus.

7. Buah perlambang keberuntungan

Satu lagi makanan Imlek yang membawa keberuntungan. Aneka buah bakal disajikan di meja makan sebagai lambang kemakmuran. Buah yang dipilih memiliki bentuk bulat dan warnanya emas.

Salah satu yang populer adalah jeruk. Dalam bahasa China, kata jeruk memiliki kesamaan bunyi dengan kata 'sukses'. Lalu ada juga buah pomelo yang mirip jeruk Bali. Makan buah ini harapannya bisa membawa keberuntungan yang terus-menerus.



Simak Video "Tiga Menu yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Imlek ala Delon"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)