5 Etiket Makan Simpel, Cara Makan Pizza hingga Pegang Cangkir Teh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 26 Jan 2022 11:30 WIB
5 Etiket Makan Simpel, Cara Makan Pizza hingga Pegang Cangkir Teh
Foto: TikTok @sofia.marbella
Jakarta -

Etiket makan di jamuan formal ada banyak jenisnya. Pakar etiket yang eksis di TikTok ini membagikan 5 etiket makan simpel yang perlu kamu tahu. Mulai dari cara makan pizza hingga memegang cangkir teh.

Saat sedang menghadiri jamuan formal, ada baiknya kamu mempraktikkan etiket makan yang berlaku secara internasional. Etiket makan bukan bersifat benar atau salah, melainkan baik atau tidak agar kamu terlihat sopan dan rapi.

Pakar etiket asal Spanyol, Sofia Marbella sering kali membagikan ilmu etiket gratis di media sosialnya. Lewat TikTok, misalnya, ia sudah memiliki 2,2 juta followers yang setia menanti setiap unggahannya.

Etiket yang diajarkan Sofia beragam, termasuk etiket makan. Sering kali etiket ini belum diketahui masyarakat. Sifatnya simpel, namun begitu diterapkan akan membuat kamu terlihat berkelas ketika menghadiri jamuan formal.

Berikut 5 etiket makan yang sering kali diacuhkan, padahal penting diketahui:

1. Makan pizza

5 Etiket Makan Simpel, Cara Makan Pizza hingga Pegang Cangkir TehCara makan pizza menurut pakar etiket, adonan pizza bisa dilipat setengah, lalu arahkan ke mulut Foto: TikTok @sofia.marbella

Makan pizza di waktu senggang tentunya berbeda ketika di jamuan formal. Sofia menyarankan pakai pisau dan garpu sebagai cara makan pizza paling sopan. Namun kalau mau makan pakai tangan, ada caranya.

Ambil selembar pizza dengan tangan. Pegang di bagian pinggir pizza (crust), kemudian lipat setengah. Setelah itu arahkan pizza ke mulut. Pizzapun siap kamu santap.

Sebagai paduannya, jangan makan pizza dengan wine. Pizza cocok dipasangkan dengan bir atau soft drink. Melihat unggahan ini (5/1/2022), banyak warganet yang baru tahu. Mereka tak menyangka kalau pizza tak disarankan untuk dikonsumsi bersama wine. "Padahal red wine dan pizza sangat luar biasa," kata seorang warganet.

Ada juga warganet yang menyoroti cara makan pizza pakai pisau dan garpu. "Di Amerika Serikat, cara itu malah terkesan tidak sopan dan vulgar," sahutnya.

2. Pakai tusuk gigi

5 Etiket Makan Simpel, Cara Makan Pizza hingga Pegang Cangkir TehMenggunakan tusuk gigi sebaiknya tidak di meja makan, tetapi di toilet agar lebih sopan Foto: TikTok @sofia.marbella

Tak ada yang salah menggunakan tusuk gigi saat di jamuan formal karena kita tidak pernah tahu kapan 'kecelakaan' makanan tersangkut di gigi terjadi. Namun ada etiket penggunaan tusuk gigi yang perlu kamu tahu.

"Menggunakan tusuk gigi saat di meja makan dianggap hal buruk," tulis Sofia di videonya (13/9/2021). Ia menyarankan untuk pamit sebentar ke toilet dan gunakan tusuk gigi di sana. Cara ini dianggap jauh lebih sopan daripada kamu mempertontonkan aksi membersihkan gigi di depan para tamu.

"Ayah saya pakai jari kelingking untuk membersihkannya," kata seorang warganet dengan emoji menangis. Lalu ada juga yang berpikir berarti sebaiknya di toilet selalu disediakan tusuk gigi.

3. Cara pegang cangkir kopi dan teh

5 Etiket Makan Simpel, Cara Makan Pizza hingga Pegang Cangkir TehCara memegang cangkir teh sesuai etiket jamuan makan formal Foto: TikTok @sofia.marbella

Cangkir kopi dan teh memiliki bentuk berbeda sehingga cara penggunaannya berbeda pula. Sofia (9/6/2021) mencontohkan cara memegang cangkir kopi adalah pegang kuping cangkir dengan posisi telunjuk melingkarinya kemudian taruh ibu jari di bagian atas.

Sementara untuk memegang cangkir teh, ibu jari dan telunjuk bersamaan memegang kuping cangkir bagian luar (tidak melingkari). Setelah itu posisikan jari tengah sebagai bantalan di bagian luar kuping cangkir.

Jika cara memegang cangkir kopi dan teh sudah benar, kamu juga perlu memperhatikan posisi menaruh cangkir. Pastikan berada di arah pukul 3, baik saat diambil maupun ditaruh di atas meja.

Lihat lagi etiket makan di halaman selanjutnya.