ADVERTISEMENT

Wow! Ini Burger Vegan Terbesar di Dunia, Beratnya 162 Kg

Devi Setya - detikFood
Selasa, 25 Jan 2022 17:00 WIB
Burger Vegan Terbesar di Dunia
Foto: Fox news
Jakarta -

Sebuah burger raksasa baru saja memecahkan rekor dunia sebagai burger vegan terbesar di dunia. Burger ini memiliki berat 162 kilogram dan membutuhkan waktu 9 jam untuk memasaknya.

Setangkup burger biasanya sudah cukup untuk mengganjal perut, tapi burger satu ini berbeda. Bukan hanya bisa membuat kenyang satu orang tetapi puluhan orang sekaligus.

Dilansir dari Fox News (25/1) produsen daging Inggris di Irlandia Utara, Finnebrogue Artisan, berhasil memecahkan rekor dunia untuk burger vegan raksasa. Burger yang dibuat pada November 2021 lalu ini baru saja dinobatkan sebagai burger vegan terbesar di dunia versi Guinness World Records.

Burger Vegan Terbesar di DuniaBurger Vegan Terbesar di Dunia Foto: Fox news

Finnebrogue Artisan yang juga menjual produk vegan ini membuat "Naked Evolution Burger" untuk memecahkan rekor dunia. Ukuran burger ini setara dengan 1.274 burger normal.

Menurut Guinness World Records, semua bahan baku untuk membuat burger ini memiliki berat 358,3 pon (162,5 kilogram). Burger ini sudah melewati proses seleksi dan verifikasi oleh tim Guiness World Records sebelum akhirnya mendapat gelar sebagai burger vegan terbesar di dunia.

Selain roti burger super besar, ada beberapa bahan isian yang jumlahnya juga fantastis. Ada 10 kilogram tomat; 4,5 kilogram selada; 7 kilogram keju; 1,9 kilogram bawang bombai; 4,9 kilogram daging vegan dan 5 kilogram saus burger.

Roti yang digunakan untuk membuat burger ini dibuat oleh toko roti lokal yang secara khusus membuat roti super besar. Sementara daging patty vegan membutuhkan waktu memasak sekitar 9 jam.

"Kami menetapkan target berat burger 100 kg (220 pon), tetapi kami tahu dari awal kami ingin melebihi itu," ujar Sean Kearney, manajer inovasi Finnebrogue Artisan.

Burger Vegan Terbesar di DuniaProses Pembuatan Burger Vegan Terbesar di Dunia Foto: Fox news

Lebih lanjut Sean juga mengatakan banyak orang terlibat dalam pembuatan burger raksasa ini. Semuanya terlibat langsung dalam proses persiapan, pemasakan hingga penyajian burger. Bahkan tim mereka membuat 'ayunan' khusus untuk membantu membalik patty burger yang sedang dimasak.

Salah satu syarat Guinness World Records menyatakan bahwa makanan yang memecahkan rekor tidak boleh terbuang percuma, Finnebrogue Artisan menyumbangkan sebagian besar burgernya ke badan amal lokal yang mendistribusikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Beberapa staf perusahaan juga menikmati burger vegan ini.

Rekor dunia untuk burger vegan ini baru pertama kali dipecahkan. Sebelumnya pernah ada rekor burger dengan berat 813 kilogram namun untuk jenis burger biasa yang menggunakan patty daging sapi.



Simak Video "Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT