5 Kecanggihan di Jepang yang Bikin Foodies Takjub

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 17:30 WIB
5 Kecanggihan di Jepang yang Bikin Foodies Takjub Foto: TikTok allstarsteven
Jakarta -

Jepang tak henti bikin orang takjub berkat inovasi yang diusung. Terkait makanan, mereka bisa menghitung total pesanan sushi dari memindai piring hingga punya kulkas yang bisa dibuka dari dua sisi.

Tak hanya kuliner dan budayanya, Jepang juga tersohor akan kecanggihan dan inovasi yang ada di negaranya. Dua hal ini kerap bikin orang dari luar Jepang begitu terkagum-kagum.

Pasalnya ide dan penemuan mereka terlihat simpel, tapi ternyata sangat berguna. Sebuah hal pun jadi bisa lebih efektif dan efisien dengan inovasi ini.

Tak jarang, orang-orang dari luar negeri bakal terpesona akan penemuan ini. Mereka bahkan mengunggahnya ke media sosial untuk menunjukkan betapa canggihnya orang-orang Jepang.

Salah satunya dilakukan TikToker @allstarsteven. Berbagai videonya inovasi di Jepang selalu mencuri perhatian.

Berikut 5 di antaranya yang terkait makanan:

1. Pintu kulkas bisa dibuka dari dua sisi

5 Kecanggihan di Jepang yang Bikin Foodies TakjubKulkas canggih di Jepang ini pintunya bisa dibuka dari dua sisi Foto: TikTok allstarsteven

Jadi salah satu video yang paling banyak ditonton, Steven (16/9/2021) memperlihatkan sebuah kulkas yang dijual di supermarket Jepang. Harganya sekitar 218 ribu yen atau sekitar Rp 27 juta.

Kecanggihannya ada pada pintu kulkas yang bisa dibuka dari dua sisi. Menurut Steven, penemuan ini sangat cerdas karena bisa membantu mereka yang kidal lebih mudah saat buka kulkas.

Video ini sudah ditonton lebih dari 20,4 juta kali. Banyak warganet meninggalkan komentar. Kebanyakan dari mereka penasaran bagaimana jika kulkas dibuka dari dua sisi sekaligus? Ada juga yang penasaran tentang mekanisme pintu kulkas canggih ini.

2. Fitur tanpa kasir di toko

5 Kecanggihan di Jepang yang Bikin Foodies TakjubBukan pemandangan aneh di Jepang untuk sebuah toko hadir tanpa kasir Foto: TikTok allstarsteven

"Kenapa orang Jepang sudah hidup di masa depan?" tulis Steven di videonya (30/12/2021). Ia memperlihatkan cara belanja di sebuah toko yang tidak ada pegawai manusianya.

Kalau mau membeli barang, tinggal berdiri di area pindai (scan), kemudian teknologi di toko itu sudah dapat mengetahui barang apa yang pengunjung beli. Nantinya pembayaran nontunai melalui ponsel yang dipindai ke sebuah alat. Setelah selesai, pintu toko akan terbuka otomatis.

Melihat unggahan ini, beberapa warganet memberi tahu kalau konsep ini juga sudah ada di Amerika Serikat. Ada Amazon Go yang disebut-sebut sebagai toko canggih di sana.

3. Hitung total makan sushi dari pindai piring

5 Kecanggihan di Jepang yang Bikin Foodies TakjubKecanggihan teknologi di Jepang juga terlihat dari cara menghitung pesanan sushi lewat pindaian Foto: TikTok allstarsteven

Menyajikan sushi pakai kereta mungil banyak dilakukan restoran sushi di Jepang. Cara ini merupakan inovasi dari sebuah conveyor belt konvensional. Tak hanya itu, restoran sushi di Jepang punya kecanggihan lain.

Melalui videonya (12/8/2021), Steven menunjukkan kalau pegawai restoran menghitung total biaya bersantap dari memindai piring sushi pengunjung yang ada di atas meja. Cara ini begitu efektif dan efisien untuk pelayanan sebuah restoran.

Video Steven ini sudah ditonton lebih dari 21,9 juta kali. Warganet banyak yang menjelaskan kalau di tiap piring sushi terdapat barcode yang bisa dipindai. Harga tiap piring sushi berbeda, tergantung warnanya.

Lihat lagi inovasi dan kecanggihan lain di Jepang, di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Oishii! Tekka Don hingga Okonomiyaki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com