Jualan Cilok Sampai Gemetar, Kakek Ini Dapat Donasi Puluhan Juta Rupiah

ADVERTISEMENT

Jualan Cilok Sampai Gemetar, Kakek Ini Dapat Donasi Puluhan Juta Rupiah

Devi Setya - detikFood
Senin, 17 Jan 2022 19:30 WIB
Jualan Cilok Sampai Gemetar, Kakek Ini Dapat Donasi Puluhan Juta Rupiah
Foto: @stevenrichard.89
Jakarta -

Seorang kakek penjual cilok yang berjualan sampai tubuhnya gemetar kini bisa tersenyum bahagia. Ia mendapatkan bantuan donasi hingga puluhan juta rupiah sebagai modal usaha.

Adalah Abah Taryo, kakek berusia 73 tahun yang masih berjualan cilok di kabupaten Garut, Jawa Barat. Perjuangannya mencari nafkah ini viral setelah video yang diunggah netizen belum lama ini. Sebuah video menunjukkan saat Abah Taryo melayani cilok dengan tubuh yang gemetar dan lemas.

Video ini pertama kali diunggah oleh netizen pengguna instagram @yuki_jasmine26. Dalam video terlihat tubuh Abah Taryo yang renta namun masih harus memanggul gerobak berisi cilok dan alat masak. Sesekali ia berhenti sejenak hanya sekedar untuk mengatur napasnya. Kakek ini juga berjalan tertatih tanpa mengenakan alas kaki.

Jualan Cilok Sampai Gemetar, Kakek Ini Dapat Donasi Puluhan Juta RupiahAbah Taryo saat berjualan cilok Foto: instagram @yuki_jasmine26/ @stevenrichard.89

"Ya Allah sungguh menyentuh hati di usia bapa ini yg sudah lansia tapi masih kuat bekerja," kata Yuki dalam keterangan videonya yang sudah dikonfirmasi DetikFood (17/1).

Dalam seminggu, Abah Taryo berjualan 3-4 hari saja. Hal ini dilakukan karena kondisi fisiknya yang sudah tidak kuat lagi. Cilok yang dijajakannya ini diambil dari orang lain dan setiap hari ia harus memberikan uang setoran.

Dari satu butir cilok yang dijual, Abah Taryo hanya mendapatkan keuntungan Rp 200 rupiah. Ia berjualan mulai pukul 05.00 hingga sore hari dan biasanya hanya mendapatkan uang Rp 20 sampai Rp 30 ribu.

Video yang dibagikan (14/1) ini kemudian dengan cepat menyebar dan mengundang simpati netizen. Ratusan orang bahkan tergerak untuk mengumpulkan donasi bagi Abah Taryo. Termasuk salah satunya pengusaha Steven Richard.

Lewat instagramnya @stevenrichard.89, Co Founder Tim Octopus ini mengunggah video yang menunjukkan bahwa ia sudah memberikan bantuan kepada Abah Taryo.

"Sedikit bantuan untuk Abah yang terus semangat mencari nafkah di usia senja. Semoga dengan bantuan ini bisa membantu Abah Taryo berjualan dan memenuhi kehidupan sehari-hari," kata Steven (16/1).

Pengusaha ini memberikan uang bantuan sebesar Rp 10 juta dan gerobak cilok sebagai modal usaha Abah Taryo. Tak hanya Steven Richard, kondisi Abah Taryo juga membuat komunitas organisasi sosial Partner In Goodness ikut menggalang dana yang nantinya akan diberikan kepada Abah Taryo.

Jualan Cilok Sampai Gemetar, Kakek Ini Dapat Donasi Puluhan Juta RupiahAbah Taryo melayani cilok dengan tubuh gemetar Foto: instagram @yuki_jasmine26/ @stevenrichard.89

Ribuan netizen pun memberi komentar positif. Ada yang ikut menjadi donatur namun banyak juga yang memberikan doa untuk Steven Richard maupun Abah Taryo.

"Alhamdulillah makasih koko atas bantuan nya Semoga menjadikan ladang pahala serta amal jariyah. Untuk Abah Taryo semoga selalu sehat dan panjang umur," kata netizen.

"Alhamdulilah terima kasih banyak dermawan orang baik semoga Tuhan balas kebaikan kalian semua," sahut netizen lainnya.



Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Tongseng dan Gulai Kambing Endul di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT