Inspiratif! Pria 20 Tahun Ini Sukses Jual Sushi Kaki 5 hingga Punya 8 Cabang

Riska Fitria - detikFood Minggu, 16 Jan 2022 13:00 WIB
Kisah sukses penjual sushi kaki lima Foto: Oishi Sushi
Jakarta -

Kisah pemuda 20 tahun ini bisa dijadikan inspirasi. Di usianya yang belia ia sukses bisnis sushi kaki lima hingga memiliki 8 cabang.

Adalah Johanes Berchmans Jason The, seorang penjual sushi kaki lima yang sukses. Meskipun gerai kaki lima, tetapi sushi yang ditawarkan memiliki cita rasa autentik yang digemari banyak orang.

Hal tersebut karena ia menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk meracik sushi jualannya. Kepada detikcom (14/01/21) ia menuturkan bahwa bisnis sushinya dimulai sejak 17 Januari 2019.

Gerai sushinya itu diberi nama Oishi Sushi dengan konsep street food. Ketertarikan Johanes memulai bisnis sushi di usia muda karena melihat kepopuleran makanan Jepang tersebut.

Baca Juga: Kisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan Juta

Kisah sukses penjual sushi kaki limaKepopuleran sushi di Indonesia membuat Johanes tertarik untuk berbisnis sushi kaki lima Foto: Oishi Sushi

"Untuk menangkap peluang di masyarakat, yaitu mulai digemarinya makanan Jepang khususnya sushi. Selain itu, saya juga ingin mematahkan paradigma tentang sushi sebagai makanan mahal dan mentah," ujar Johanes.

Selain bahan baku yang berkualitas, Johanes juga memastikan proses pembuatan sushi buatannya sama dengan restoran sushi di mall-mall. Namun, sushinya dibanderol dengan harga terjangkau.

Tak langsung terjun begitu saja, Johanes lebih dulu mengikuti kursus tentang bagaimana membuat sushi. Dari kursusnya itulah ia berhasil membuat berbagai varian sushi di gerainya.

"Untuk varian sushi yang tersedia itu ada Nigiri, Sashi, Hosomaki, Sushi Uramaki dan paket hemat. Untuk kisaran harganya mulai dari Rp 10.000 dan untuk menu paket mulai Rp 40.000," tutur Johanes.

Baca Juga: Kisah Sukses Penjual Bakwan Kawi, Jualan Sejak SMA hingga Punya 7 Cabang

Kisah sukses penjual sushi kaki limaAda banyak varian sushi yang ditawarkan, mulai dari Nigiri, Sashi, Hosomaki, Sushi Uramaki dan paket hemat Foto: Oishi Sushi

Dalam menjalani bisnis sushi kaki lima ini, pria kelahiran 8 September 2001 ini mengaku juga mengalami tantangan. Terutama yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Hal yang paling sulit adalah SDM, Membina karyawan supaya terampil dan konsisten. Menyesuaikan selera masyarakat dan mencari tempat yang strategis untuk berjualan sendiri,".

Namun, semua tantangan tersebut tidak membuat Johanes putus asa. Ia pun mengatasi segala rintangan hingga akhirnya ia berhasil membangun 8 cabang sushi.

"Sushi Oishi sekarang baru memiliki 8 cabang yang ada di Kelapa Gading, Pulo Asem, Sunter, Sumur Batu, Pademangan, Rawamangun, Jembatan 5 dan BSD," tuturnya.

Johanes berharap bisa terus mengembangkan usaha sushi kaki limanya tersebut dengan membuat cabang berikutnya. Bahkan hingga ke luar pulau Jawa.

Baca Juga: Kisah Sukses Penjual Makaroni Pedas, Bisa Kuliah dan Beli Rumah



Simak Video "Menyantap Sushi di Warung Kaki Lima, Harganya Rp 10 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com