ADVERTISEMENT

Parah! Ini 5 Kejadian Getok Harga di Tempat Wisata

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 15 Jan 2022 13:00 WIB
Getok harga makan di Situ Cileunca
Foto: iStock/Facebook
Jakarta -

Getok harga di restoran atau warung makan di tempat wisata kerap kali terjadi. Karenanya pastikan untuk menanyakan menu dan harga sebelum pesan.

Berwisata tanpa kulineran kurang lengkap rasanya. Maka tak heran jika di kawasan tempat wisata banyak terdapat warung makan hingga restoran yang menawarkan menu makanan khas.

Namun hati-hati, sebelum memesan menu pastikan untuk bertanya tentang menu dan harganya. Pasalnya tak sedikit restoran dan warung makan yang melakukan getok harga.

Mungkin mereka menganggap bahwa wisatawan adalah orang baru, sehingga harga yang ditagih bisa dimanipulasikan. Seperti kejadian baru-baru ini di mana wisatawan merogoh kocek hampir Rp 1 juta saat pesan ayam bakar.

Berikut 5 kejadian getok harga di tempat wisata:

1. Getok Harga di Situ Cileunca

Getok harga makan di Situ CileuncaGetok harga makan di tempat wisata Situ Cileunca Foto: Facebook

Belakangan ini publik dibuat geram dengan kejadian getok harga yang terjadi di sebuah warung makan di tempat wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Jawa Barat.

Kejadian ini viral setelah dibagikan lewat channel YouTube Mang Dragon TV (09/01/22). Pemilik video dan teman-temannya memesan menu ayam bakar, karedok, ikan asin dan beberapa menu lainnya.

Total dari pemesanan menghabiskan biaya sekitar Rp 915.000. Harga tersebut dinilai tak masuk akal, apalagi pada harga seporsi ayam bakar yang dibanderol Rp 40.000.

Begitu juga dengan harga kelapa Rp 25.000 dan ikan asin Rp 15.000. Pemilik warung makan mengklarifikasi bahwa harga itu bukan asli dari warung, melainkan dari calo.

Kepada detikcom (11/01/22) pemilik warung menceritakan bahwa wisatawan itu memesan makanan lewat calo, sehingga harganya lebih mahal. Ia pun membawa kasus ini hingga ke jalur hukum.

Baca Juga: Dituding Getok Harga Ayam Bakar Rp 1 Juta, Pemilik Warung Klarifikasi

2. Makan Jagung di Puncak Ditagih Biaya Parkir Rp 30.000

Getok harga parkir saat makan jagung bakarGetok harga parkir saat makan jagung bakar di tempat wisata Puncak, Bogor Ilustrasi Foto: iStock

Bukan hanya harga makanan saja yang dikenakan getok harga, tetapi harga parkir di warung makan pun demikian. Kejadian getok harga pada biaya parkir ini terjadi di Puncak, Bogor.

Diceritakan lewat akun TikTok @idamews (08/01/22), tiga orang wanita hendak makan jagung di sebuah warung. Namun, baru saja turun dari mobil mereka langsing ditagih biaya parkir.

Tak tanggung-tanggung biaya parkir yang diminta pun senilai Rp 30.000. Hal itu membuat tiga wanita tersebut tak jadi masuk ke warung dan memilih untuk pindah ke warung lainnya.

Baca Juga: Waduh! Mau Makan Jagung Bakar Malah Ditagih Biaya Parkir Rp 30.000



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT