ADVERTISEMENT

Tercepat di Dunia! Resto Ini Sajikan Makanan Hanya dalam 13,5 Detik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 13 Jan 2022 15:00 WIB
Tercepat di Dunia! Resto Ini Sajikan Makanan Hanya dalam 13,5 Detik
Foto: Instagram karnegaribaldioficial
Jakarta -

Kecepatan adalah salah satu indikator kepuasan pengunjung atas pelayanan restoran. Kalau kamu makan di restoran ini, pesanan makanan bakal disajikan dalam kisaran 13 detik saja!

Bersantap di restoran paling puas jika makanannya enak dan pelayanannya memuaskan. Salah satu aspek pelayanan yang dimaksud adalah kecepatan pegawai restoran menyajikan menu pesanan pengunjung.

Sebuah restoran ternyata bisa menyajikan menu dalam kurun belasan detik saja. Durasi ini bahkan mendapat pengakuan Guinness World of Records sebagai yang tercepat di dunia.

Adalah Karne Garibaldi, restoran terkenal di Guadalajara, Meksiko yang memegang rekor penyajian makanan tercepat di dunia. Mengutip Oddity Central (11/1/2022), pihaknya hanya butuh 13,5 detik untuk membawa pesanan menu dari dapur ke meja pengunjung.

Tercepat di Dunia! Resto Ini Sajikan Makanan Hanya dalam 13,5 DetikKarne Garibaldi, restoran di Meksiko yang memegang rekor dunia untuk penyajian makanan tercepat ke pengunjung Foto: El Souvenir

Rekor yang didapat Karne Garibaldi bukan hal baru, melainkan sebuah prestasi yang sudah dipertahankan sejak 1996. Setiap pengunjung yang mampir makan di sinipun bakal dibuat terkejut dengan kecepatan pelayanan pegawai restoran.

Salah satunya dirasakan YouTuber Drew Binsky (13/8/2020). Saat ke Karne Garibaldi, ia amat terkesan karena baru saja temannya bilang pesanan makanan ke pegawai restoran, tiba-tiba pegawai lain dari belakang sudah membawakan pesanan tersebut.

Jadi apa rahasia Karne Garibaldi bisa menyajikan makanan dengan sangat cepat? Jawabannya ada pada jenis menu yang ditawarkan. Mereka adalah restoran spesialis carne in su jugo, olahan daging tradisional Meksiko.

Dalam bahasa Inggris, carne in su jogo berarti 'meat in the juice'. Irisan daging dimasak berjam-jam dengan teknik slow cooking untuk mengeluarkan jus alaminya. Carne in su jugo lalu disajikan bersama irisan bacon renyah.

Tercepat di Dunia! Resto Ini Sajikan Makanan Hanya dalam 13,5 DetikMenu andalan di resto Kane Garibaldi, carne in su jugo yang bisa tersedia dalam 13,5 detik saja Foto: Instagram karnegaribaldioficial/El Souvenir

Dalam operasionalnya, Karne Garibaldi sudah membuat stok carne in su jugo lebih dulu sehingga ketika pengunjung pesan, mereka bisa mengeluarkan menu dengan cepat. Meski begitu, pegawai restoran mengakui butuh kecepatan dan koordinasi untuk terbiasa melayani pengunjung dengan cepat.

"Semua bermula dari permainan di antara pegawai restoran untuk tahu siapa yang bisa membawa makanan paling cepat ke meja pengunjung?" cerita Daniel Flores, manajer Karner Garibaldi. Permainan inilah yang ternyata bisa membawa resto meraih penghargaan Guinness World of Records.

Rentang waktu yang dibutuhkan pegawai restoran sebenarnya rata-rata 15-20 detik, namun mereka juga pecahkan rekor dengan durasi 13,5 detik saja. Untuk durasi paling lama sekitar 1 menit.

Tercepat di Dunia! Resto Ini Sajikan Makanan Hanya dalam 13,5 DetikProses penyajian makanan yang cepat di Karne Garibaldi adalah hasil kerja sama semua pegawai resto Foto: Instagram karnegaribaldioficial

"Pelayan, kapten, juru masak, dan semua pegawai Karne Garibaldi adalah jiwanya dapur restoran kami," kata kepala komunikasi digital resto, Laura Mariaud. Ia mengatakan pelayanan resto yang sangat cepat adalah hasil kerja sama semua pihak di resto.

"Jelas kami melatih pegawai untuk belajar bagaimana lebih efisien, tapi ada proses keseluruhan di balik persiapan makanan yang membuat alur kerja bisa cepat dan efektif. Beginilah bagaimana pelayanan kami bisa berubah menjadi rantai produksi yang membuat pelayan menyajikan makanan secepat mungkin ke pengunjung," tutur Mariaud.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT