Ini Negara dengan Konsumsi Nasi Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Jan 2022 14:30 WIB
beras Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

3. Indonesia

Konsumen beras terbesar ketiga di dunia adalah Indonesia. Setiap tahunnya ada sekitar 37.400 metrik ton beras yang dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Sekitar 77% petani di Indonesia menanam padi. Sebagai negara terpadat keempat di dunia, beras merupakan tanaman pangan utama masyarakat Indonesia.

Daerah pertanian beras utama adalah Jawa dan Sumatera. Sebanyak 60% dari total produksi beras dipanen di Jawa. Akhir-akhir ini impor beras ke Indonesia cenderung menurun. Namun, diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang karena populasinya terus meningkat.

International Rice Research Institute memperkirakan bahwa dalam 25 tahun ke depan atau lebih Indonesia akan membutuhkan setidaknya 38% lebih banyak beras daripada yang diproduksi saat ini. Pemerintah Indonesia sedang mengembangkan mekanisme peningkatan produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan beras nasional.

berasBeras Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

4. Daftar 10 negara konsumen beras terbanyak di dunia

Di urutan tiga teratas ada China, India dan Indonesia sebagai konsumen nasi terbesar di dunia. Data ini juga menyebutkan 10 negara yang juga tercatat sebagai konsumen nasi terbesar.

Di urutan ke empat ada Bangladesh dengan konsumsi beras rata-rata 35.200 metrik ton per tahun. Kemudian diikuti dengan Vietnam yang membutuhkan 22.100 metrik ton beras per tahun.

Kemudian ada juga Philipina, Thailand, Burma, Jepang dan Brazil di urutan 10 dengan konsumsi beras rata-rata 8.100 metrik ton per tahun.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Rahasia Kenikmatan Nasi Ayam Bu Wido di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com