Ini Negara dengan Konsumsi Nasi Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Jan 2022 14:30 WIB
beras Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30
Jakarta -

Nasi adalah makanan pokok di Asia terlepas dari lokasi dan kondisi ekonomi. Ada beberapa negara yang tercatat sebagai pengonsumsi nasi terbesar di dunia.

Nasi termasuk makanan pokok yang sifatnya universal. Masyarakat di negara-negara Asia mengonsumsi nasi sebagai makanan utama. Meskipun ada beberapa makanan pokok lainnya seperti gandum dan jagung.

Dilansir dari World Atlas (13/1) nasi merupakan makanan pokok bagi hampir setengah dari populasi dunia. Sebagai makanan pokok, nasi biasa disantap bersama dengan aneka lauk pendamping ataupun diolah dengan aneka bumbu.

Masyarakat di beberapa negara tak bisa jauh dari nasi, termasuk masyarakat Indonesia. Bahkan ada istilah, 'belum makan kalau belum menyantap nasi'.

Berikut beberapa negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia:

1. China

Cina adalah konsumen sekaligus produsen beras terbesar di dunia. Ini juga telah menjadi salah satu faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi China menjadi yang tercepat selama beberapa tahun terakhir. Faktor pertanian menjadi salah satu pilar terpenting dari ekonomi China.

Konsumsi beras mencapai 142.700 metrik ton per tahun yang setara dengan hampir 30% dari produksi beras secara global. Sekitar 65% penduduk Cina mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok.


Budidaya beras di China mendapat perhatian khusus dari pemerintah sehingga hasilnya bisa sangat maksimal. Awalnya China masih melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, namun kini China tercatat sebagai salah satu eksportir beras terbesar.

berasIlustrasi orang sedang makan nasi Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

2. India

Setelah China, ada India yang menjadi konsumen nasi terbesar kedua di dunia. Setiap tahunnya, masyarakat India mengonsumsi total 97.350 metrik ton beras.

Beras masih menjadi makanan pokok utama di India meskipun negara ini juga menghasilkan aneka biji-bijian seperti gandum, sorgum dan jagung. Lebih dari separuh penduduk India bergantung pada beras sebagai makanan pokok.

Pemerintah India memainkan peran penting dalam produksi beras konsumsi melalui pengadaan dan memulai program distribusi. Petani didukung dalam hal produksi dengan memberikan subsidi yang meliputi pupuk, benih, listrik, dan mesin pengolah padi.

Klik halaman selanjutnya untuk melihat negara dengan konsumsi nasi terbanyak:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nagih! Gurih Nasi Tiwul Goreng Khas Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com