Masukkan Menu Tak Dipesan ke Bon Pengunjung, Pihak Restoran Minta Maaf

Riska Fitria - detikFood Kamis, 13 Jan 2022 11:30 WIB
Restoran masukkan menu yang tak dipesan ke bon Foto: iStock/TikTok @debbysmaharani/iStock
Jakarta -

Makan di restoran, pengunjung ini dibuat kesal karena pelayan memasukkan menu yang tak dipesan ke dalam bon. Pihak restoran minta maaf dan beri penjelasan.

Melalui video TikTok @debbysmaharani, wanita bernama Debby Maharani membagikan pengalaman tak mengenakkan saat bersantap di sebuah restoran di Palembang, Sumatera Selatan.

Ia dan keluarganya memesan beberapa menu makanan di sana. Namun, ada menu yang lama disajikan dan ternyata pelayan di sana lupa memasukkan menu tersebut ke dalam daftar pesanan.

"Parah jelek banget servicenya. Awalnya nungguin makanan lama banget gak dateng-dateng. Ternyata gak diinput, jadi kita pesan ulang," tulisnya di caption video (12/01/21).

Baca Juga: Dituding Getok Harga Ayam Bakar Rp 1 Juta, Pemilik Warung Klarifikasi

Restoran masukkan makanan yang tak dipesan ke bonPengunjung komplain ketika melihat bon ada menu yang dimasukkan tapi tak dipesan Ilustrasi Foto: iStock

Tak berhenti sampai di situ, sang pelayan justru memasukkan menu yang tidak dipesan ke dalam bon. Hal itu diketahui ketika Debby selesai membayar kemudian mengecek kertas bon dari restoran.

Di dalam bon ada makanan seharga Rp 35.000, tetapi makanan itu tidak disajikan di meja karena memang tidak dipesan. Lalu, mereka memanggil pelayan untuk minta penjelasan.

Mereka meminta kepada pelayan mengembalikan uang Rp 35.000 untuk makanan yang tidak dipesan. Namun, pelayan justru menawarkan untuk membungkuskan makanan yang tak dipesan itu.

"Udah kenyang dibungkus. Gak papa kembaliin aja duit saya Rp 35.000," ujar kakak dari Debby.

Baca Juga: Kena Getok Harga, Netizen Bayar Rp 250 Ribu untuk Makan Angkringan

Klarifikasi Pihak Restoran

Restoran masukkan makanan yang tak dipesan ke bonIsi pesan pihak manajemen restoran saat mengklarifikasi Foto: TikTok @debbysmaharani

Video TikTok Debby pun jadi viral dan sampai ke telinga pihak restoran. Pihak manajemen restoran kemudian langsung menghubungi Debby untuk memberikan klarifikasinya.

Dikonfirmasi detikcom (13/01/21) restoran yang dimaksud adalah Terassa. Pihak Terassa menyampaikan permohonan maaf atas kelalaian yang terjadi di restoran.

Menurutnya, dalam SOP restoran ketika mencatat pesanan pengunjung, pelayan harus mengulang menu-menu yang dipesan untuk memastikan kembali pesanan. Kemudian, pelayan harus melampirkan kertas CO (Customer Order) di meja pengunjung.

"Harus ada kertas CO dilampirkan di meja agar dicoret makanan apa yang sudah keluar, sehingga saya sudah ada tanyakan ke tim kami kertas CO-nya ada atau tidak," ujar pihak restoran.

Restoran masukkan makanan yang tak dipesan ke bonBon makanan di restoran ilustrasi Foto: iStock

Namun, pihak manajemen telah memastikan bahwa saat itu tidak ada kertas CO dan tidak ada pengecekan keliling, karena pada saat itu manajer tidak berada di restoran.

"Saya minta maaf, jujur tidak ada unsur mau untung atau bagaimana, karena kita semuanya by system jadi mungkin ada kelalaian," tutur pihak manajemen.

Sementara itu, Debby mengatakan bahwa pelayan yang bersangkutan tidak dipecat melainkan dikenakan SP1 sebagai sanksi dari kelalaiannya dalam bekerja.

Debby sendiri memahami hal tersebut. Ia juga mengatakan bahwa di samping adanya kejadian ini restoran Terassa memiliki menu makanan yang lezat.

"Untuk warga Palembang, jangan kapok untuk makan di Terassa, karena di sana makanannya enak-enak kok. Kita juga sering makan di sana. Cuma mungkin ada kesalahan dari servicenya," tutup Debby.

Baca Juga: Waduh! Mau Makan Jagung Bakar Malah Ditagih Biaya Parkir Rp 30.000



Simak Video "Bikin Laper: Hangat Nan Empuk Sop Dada Pechok"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com