Frans Faisal Ungkap Cara Pesan Nasi Padang Pakai Bahasa Minang

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 12 Jan 2022 18:00 WIB
Foto: TikTok/fransfaisal_
Jakarta -

Berdarah Minang, keluarga H. Faisal erat dengan segala hal menyangkut budayanya. Frans Faisal, kakak Fuji, sampai memberi tutorial pesan nasi Padang pakai bahasa Minang.

Keluarga H. Faisal semakin dikenal publik usai kecelakaan yang menewaskan Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel. Keluarga suami Vanessa Angel ini berdarah Minang. Dalam kesehariannya, mereka begitu erat dengan budaya Minang. Komunikasi antara anak dan orang tua bahkan masih menggunakan bahasa Minang.

Frans Faisal, kakak dari Fuji, menjadi salah satu anak dari H. Faisal yang masih memegang erat budaya Minang. Dirinya bahkan memberikan tutorial untuk warganet memesan nasi Padang dengan bahasa Minang seperti orang Padang sungguhan.

Baca juga: Wow! Nasi Padang dan Es Teh Dijual Rp 248 Ribu di London

Frans Faisal menyindir netizen yang memesan di warung makan Padang tidak menggunakan bahasa Minang. Dirinya kemudian memberikan tutorial memesan nasi Padang dengan bahasa Minang. Foto: TikTok/fransfaisal_

Mengutip akun TikTok @fransfaisal (10/1), Frans Faisal atau akrab disapa Uda Frans memperlihatkan dirinya tengah memesan nasi Padang untuk makan siang. Disela-sela waktu makan, ia membagikan cara memesan nasi Padang menggunakan bahasa Minang.

"Sok-sokan ke rumah makan Padang tapi ga bisa bahasa Padang," kata Frans dalam videonya.

Memberikan tutorial mulai dari memesan untuk makan di tempat hingga ucapan sebelum menikmati makanan dicontohkan oleh Frans. Ia juga memperlihatkan pelayan di rumah makan Padang yang mengikuti permintaannya saat bicara menggunakan bahasa Minang.

"Makan siko (makan di sini). Agiah ladonyo (kasih sambalnya). Jo randang jo (dengan rendang om)," kata Frans yang mengarahkan pelayan rumah makan saat menyiapkan pesanannya.

Baca juga: Wow! Makan di Restoran Ini Bakal Dilayani Pria Atletis dan Tampan

Memesan nasi padang dengan lauk rendang, Frans Faisal mencontohkan ungkapan untuk memuji rasa makanan yang lezat. Ondeh mandeh! Foto: TikTok/fransfaisal_

Setelah itu, Frans duduk menikmati nasi rendang kesukaannya. Tak lupa segelas es teh manis yang menyegarkan dipesan untuk melengkapi makan siangnya di hari yang terik.

"Ondeh mandeh (ungkapan kagum), lamak bana (enak banget)," kata Frans Faisal.

Video yang viral ini saat dilihat oleh detikcom (12/1) telah disaksikan lebih dari 3,8 juta kali. Video ini mendapatkan banyak respon dari warganet. Salah satunya pengalaman seorang netizen yang pernah kebingungan akibat tak bisa berbahasa Minang.

"Jadi keinget bantuin mertua jualan naspad. Sedangkan saya orang Jawa, yang beli bilang pake lado terus kebingungan karena nggak ada lada. Ternyata sambel kata mertua," tulis akun @rakaisramaulana7.

"Pernah makan di rumah makan Padang, pesan pakai bahasa Minang. Eh yang jual nggak ngerti, ternyata dia orang Jawa," tulis akun @vihelm3.

Baca juga: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Lancarkan BAB yang Macet



Simak Video "Bikin Laper: Unik nan Praktis, Kebab Isi Nasi Padang"

(dfl/adr)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork