Shin Tae-yong Doyan Makan Sup Buntut dan Sate Kambing

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Jan 2022 17:00 WIB
Shin Tae-yong doyan makanan Indonesia Foto: YouTube Deddy Corbuzier
Jakarta -

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku doyan makan hidangan khas Indonesia. Mulai dari sup buntut hingga sate kambing.

Sosok Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia akhir-akhir ini menjadi sorotan. Di tangannya, timnas Indonesia berhasil lolos ke partai final Piala AFF 2020.

Indonesia berhasil menang atas Malaysia dengan skor 4-1, atas Singapura 5-3 dan mengimbangi juara bertahan Vietnam dengan score 0-0. Meski akhirnya kalah saat bertanding melawan Thailand.

Shin Tae-yong menjadi pelatih timnas Indonesia sejak Januari 2020 lalu. Satu tahun berhubungan dengan orang Indonesia, membuat pria kelahiran 11 Oktober 1970 ini terbiasa dengan budaya Indonesia termasuk juga kulinernya.

Baca Juga: Menu Makan Timnas U-19 di Kroasia dan Manfaatnya untuk Tubuh

Shin Tae-yong doyan makanan IndonesiaShin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia yang berasal dari Korea Foto: Instagram @shintaeyong7777

Fakta tersebut diungkap oleh Shin Tae-yong dalam podcast bersama Deddy Corbuzier (11/01/21). Melalui penerjemahnya, ia mengatakan doyan makan sup buntut.

Menurut Shin Tae-yong, sup buntut khas Indonesia dapat menghapus kerinduannya dengan kuliner negara asalnya. Sebab sup buntut mirip seperti kuliner Korea bernama galbi tang.

Bukan hanya sup buntut, pria yang gemar bermain bola sejak kelas 3 SD ini juga mengatakan beberapa makanan Indonesia lain yang menjadi favoritnya. "Nasi goreng dan sate enak," ujarnya.

Mendengar itu, Deddy Corbuzier langsung memesankan sate kambing di warung yang tak jauh dari studio podcastnya. Tak disangka, Shin Tae-yong pun lahap menikmati sate kambing itu.

Baca Juga: Ezra Walian, Pemain di Piala AFF 2020 yang Hobi Makan Nasi Padang

Shin Tae-yong doyan makanan IndonesiaShin Tae-yong saat mencicipi sate kambing Foto: Instagram YouTube Deddy Corbuzier

Bahkan ia sangat menikmati bagian lemak yang biasa berada di tusukan kedua dalam satu tusuk sate. Selain itu, ia juga menikmati acar bawang merah yang disajikan dalam seporsi sate kambing.

Bicara soal selera makannya, Shin Tae-yong mengaku bahwa dirinya bukan tipikal orang yang suka makan pedas. "Kalau ada makanan pedas, ia lebih memilih gak memakannya," ujar Jeje, penerjemah Shin Tae-yong.

Meskipun menjadi pelatih timnas bola, tetapi Shin Tae-yong tidak menjalani pola makan khusus. Ia cenderung makan apa yang ia suka. Berbeda dengan para pemain bola yang dilatihnya.

Hal inilah yang sangat disoroti oleh Shin Tae-yong. Menurutnya, kekurangan dari pemain bola Indonesia ada pola makannya. Kebanyakan orang Indonesia terlalu banyak mengasup karbohidrat.

Shin Tae-yong doyan makanan IndonesiaShin Tae-yong sangat suka makan sate kambing Foto: Instagram YouTube Deddy Corbuzier

"Harus banyak makan protein, tapi faktanya banyak yang high karbohidrat dan gula. Dan saya sedang mengubah itu," tuturnya.

Shin Tae-yong jua menegaskan bahwa jika pemain kekurangan asupan protein maka bisa menyebabkan tubuh terasa lemas. Karenanya harus ada pengawasan untuk setiap makanan yang diasup pemain bola.

"Saat training gini saya bisa kontrol makanan mereka. Tapi kalau di luar training susah juga mengontrolnya," ujar Shin Tae-yong.

Setelah berlaga di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong akan mempersiapkan timnas Indonesia berlaga di Piala AFF U-23 2022 dan di Sea Games pada bulan Mei mendatang.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Curhat Pernah Tak Sengaja Makan Babi di Korea



Simak Video "Chinese Food Porsi Mukbang Ala Pondok Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com