Saat Makan Bayam Sering Nyangkut di Gigi? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 11 Jan 2022 13:30 WIB
Saat Makan Bayam Sering Nyangkut di Gigi? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya Foto: Getty Images/iStockphoto/PoppyB
Jakarta -

Saat makan bayam, sering kali lembaran bayam tertinggal atau nyangkut di gigi. Bukan kebetulan, ternyata ada alasan ilmiah di balik bayam besar risikonya nyangkut di gigi.

Pernahkah kamu kesal saat ada lembaran bayam atau kangkung tak sengaja nyangkut di gigi? Kejadian ini dialami hampir semua orang saat menyantap sayuran hijau bernutrisi ini.

Tak hanya menimpa orang biasa, insiden bayam nyangkut di gigi juga pernah dialami selebriti Hollywood. Adalah Nick Jonas yang merasa malu saat mengetahui ada bayam tersangkut di giginya ketika ia tampil di perhelatan megah, Grammy 2020.

Mengutip Mashed (10/1/2022), Nick Jonas bercerita di acara Jimmy Fallon soal insiden ini. Rupanya bayam itu sudah tertinggal di giginya saat sarapan dan tak ada yang berani memberi tahunya.

Saat Makan Bayam Sering Nyangkut di Gigi? Ternyata Ada Alasan IlmiahnyaInsiden bayam nyangkut di gigi kerap dialami sebagian besar orang Foto: Getty Images/iStockphoto/PoppyB

Ia baru tahu hal ini usai dikirimi pesan oleh Adam Levine. Saat itu vokalis band Maroon 5 tersebut memuji penampilan Nick Jonas sekaligus memberi tahu kalau ada kotoran di giginya yang ternyata adalah bayam.

Sebagian besar orang mungkin menganggap bayam nyangkut di gigi adalah kebetulan semata atau karena tekstur bayam yang berdaun memang mudah tersangkut di gigi, namun sebenarnya ada alasan ilmiah di baliknya.

Menurut Medical News Today, bayam dan sayuran hijau lain mengandung asam oksalat dalam konsentrasi tinggi. Dan ketika seseorang mengunyah bayam, kandungan asam oksalat dan kalsium di dalamnya bergabung membentuk kalsium oksalat.

Produk sampingannya adalah kristal kecil di mulut yang memiliki tekstur lengket di gigi dan mungkin mengeras. Hal inilah yang kemudian memicu tersangkutnya bayam di gigi. Kalsium oksalat sendiri merupakan senyawa yang sama dengan yang membentuk batu ginjal.

Saat Makan Bayam Sering Nyangkut di Gigi? Ternyata Ada Alasan IlmiahnyaBayam bisa dimasak dengan sedikit lemon untuk melarutkan kandungan asam oksalat di dalamnya Foto: Getty Images/iStockphoto/PoppyB

Jika kamu ingin terhindar dari 'kecelakaan' ini, The Kitchn merekomendasikan makan bayam tanpa susu atau produk olahan susu lainnya karena kandungan kalsium yang berlipat ganda membuat peluang pembentukan kalsium oksalat semakin tinggi.

Kemudian Medical News Today mengatakan untuk masak bayam dengan tambahan sedikit perasan lemon. Fungsi air jeruk asam ini adalah membantu melarutkan asam oksalat pada bayam.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Keripik Bayam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com