Ini Etika yang Baik saat Ditraktir Makan Teman

Riska Fitria - detikFood Senin, 10 Jan 2022 17:30 WIB
Ini Etika yang Baik saat Ditraktir Makan Teman Foto: iStock
Jakarta -

Ditraktir makan teman memang paling asyik. Namun jangan salah menyikapi, begini etika yang baik saat ditraktir makan teman.

Dalam momen-momen tertentu, pasti ada teman yang mentraktir makan. Misalnya saat berulang tahun, wisuda, lulus ujian atau saat menerima gaji pertama.

Ada banyak cara ketika mentraktir makan teman. Ada membeli makanan secara online untuk kemudian dinikmati di rumah. Ada pula dengan mengajak teman untuk makan di restoran atau kafe.

Nah, ketika mendapat traktir makan dari teman ada beberapa etika yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @cii_ela (08/01/21).

Baca Juga: Cerita Manis Netizen Traktir Pengemudi Taksi Online Makan Nasi Bebek

Ini Etika yang Baik saat Ditraktir Makan TemanEtika yang baik saat ditraktir makan teman Ilustrasi Foto: iStock

Dalam video yang telah dikonfirmasi detikcom (10/01/21), ia menjelaskan bahwa ketika ditraktir makan teman dan ditanya ingin makan apa, etika yang baik adalah mempersilahkan si penraktir untuk memilih.

"Attitude kalau ditraktir makan. Diajak makan terus ditanya mau pesen apa? biar sopan kasih kebebasan yang traktir untuk pilih menunya," ujarnya dalam video.

Lantas bagaimana jika si penraktir tetap memaksa kita untuk memilih menu makanan? Pengguna TikTok itu mengatakan bahwa sebaiknya memilih menu makanan yang harganya tidak terlalu mahal.

"Tapi kalau dipaksa untuk pilih menu, pilihnya jangan yang mahal-mahal," tuturnya.

Baca Juga: Uya Kuya Traktir Orang Makan Babi Guling, Ini Hukumnya dalam Islam

Meskipun sekiranya si penraktir mampu membayar makanan mahal, tetapi sebaiknya tetap memilih menu makanan yang tidak terlalu mahal. Atau paling tidak harganya tak lebih mahal dari menu makanan yang dipesan si penraktir.

Ini Etika yang Baik saat Ditraktir Makan TemanEtika yang baik saat ditraktir makan di restoran bersama teman Foto: iStock

Dan yang terpenting adalah harus menghabiskan makanan yang sudah kita pesan. Selain agar tidak mubazir, menghabiskan makanan ketika ditraktir sama saja menghormati dan menghargai ajakan untuk ditraktir makan.

Videonya pun ramai ditanggapi netizen. Banyak netizen yang sependapat dengan etika ketika ditraktir makan tersebut. Tak sedikit juga yang menambahkan etika-etika lainnya.

"Terus kalau ditraktir makan juga jangan suka ngajak orang lain yang gak ditraktir," tulis netizen.

"Gue pernah bayarin orang makan, eh dia pilih makanan yang lebih mahal, nambah, udah gitu minta bungkusin buat di rumah," tulis netizen lainnya.

@cii_ela hal simpel tapi suka fatal akibatnya 😁 #samasamabelajar #karaktermanusia #pengembangandiri ♬ original sound - apolinariotwins

Baca Juga: Begini Etika yang Harus Diterapkan saat Ditraktir Makan oleh Teman



Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com