Tren Kuliner 2022

Prediksi Chef, 7 Hal Ini Jadi Tren Restoran Tahun 2022

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 09 Jan 2022 18:00 WIB
Prediksi Chef, 7 Hal Ini Jadi Tren Restoran Tahun 2022 Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2022
Jakarta -

Membicarakan tren bukan hanya makanan dan minuman saja, melainkan juga pengalaman santap di restoran. Chef memprediksi 7 hal ini bakal sering terlihat di restoran pada tahun 2022.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, pengalaman santap restoran berbeda. Restoran dan pengunjung sama-sama mementingkan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

Dampaknya, beberapa hal di restoran mengalami penyesuaian. Kondisi ini diprediksi banyak chef bakal terus berlangsung di tahun 2022. Mulai dari operasional restoran yang lebih singkat hingga pilihan menu lebih sedikit.

Mengutip Food & Wine (9/12/2021), ini 7 hal yang diprediksi chef bakal terlihat di restoran pada tahun 2022:

1. Waktu buka restoran semakin sebentar

Jika sebelum pandemi Covid-19 restoran buka sepanjang waktu, beda hal dengan setelahnya. Waktu buka atau operasional restoran bakal lebih sebentar. Bisa jadi dalam seminggu hanya buka 4 sampai 5 hari.

Chef sekaligus pemilik restoran di San Francisco, Melissa Perello mengatakan hal ini disebabkan oleh jumlah pegawai restoran yang berkurang. Pihak restoran biasanya juga ingin fokus pada kualitas hidup tim mereka dengan tidak bekerja terlalu lama.

2. Harga menu makin mahal

Berbagai faktor membuat harga menu-menu di restoran akan naik. Hal ini disampaikan chef dan pemilik restoran Coperta and Apple Blossom, Paul C Reilly. Ia berharap pengunjung restoran tidak akan kaget lagi dengan hal ini.

"Biaya makanan akan meningkat karena rantai pasokan makanan juga semakin menantang di era yang baru ini. Kami telah melihat harga sayuran hampir dua kali lipat karena efek cuaca, kesulitan impor, hingga permintaan yang sangat besar dari seluruh dunia," ujar Bobby Yoon, chef dan pemilik Yoon Haeundae Galbi di New York City.

3. Pilihan menu berkurang

Prediksi Chef, 7 Hal Ini Jadi Tren Restoran Tahun 2022Prediksi Chef, 7 Hal Ini Jadi Tren Restoran Tahun 2022 Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Harga menu yang makin mahal ternyata berbanding terbalik dengan jumlah pilihan menu di restoran. Jumlahnya malah diprediksi berkurang. Vinson Petrillo selaku executive chef Zero Restaurant + Bar mengatakan restoran akan menyederhanakan menunya di 2022.

Chef bakal melakukan pendekatan kreatif untuk meminimalisir limbah makanan dan menonjolkan rasa bahan makanan yang dipakai. "Dengan fokus membuat makanan enak, tanpa terlalu banyak pilihan membuat pemilik restoran bisa mengatur biaya pengeluaran dengan lebih baik," kata Petrillo. Chef juga bakal fokus menggunakan bahan-bahan lokal.

4. Model bisnis restoran bakal berkembang

Reem Assil dari restoran Reem's California memprediksi model bisnis restoran akan berkembang. Restoran tidak hanya berdiri sendiri, tapi juga memiliki bisnis sampingan lain.

Misalnya konsep restoran dan toko retail dalam satu tempat yang membuat pengunjung bisa mendapatkan semuanya dalam satu waktu. Menurut Assil, hanya mengandalkan konsep restoran semata, ke depannya bisnis ini sulit bertahan.

Lihat lagi prediksi chef soal tren restoran tahun 2022 di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2022
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2022

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com