Viral di TikTok, Buah Salju Khas Bedugul Bali Ini Ternyata Kaya Manfaat

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 06 Jan 2022 13:43 WIB
Buah Salju yang Viral di TikToka Foto: iStock
Jakarta -

Ada buah khas Bedugul, Bali yang banyak diperbincangkan karena viral di TikTok. Namanya buah salju yang ternyata kaya akan manfaat sehat.

Buah salju atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan 'Ice Cream Bean' merupakan buah yang langka ditemui di Indonesia. Buah ini hanya tumbuh subur di Bedugul, Bali. Oleh karenanya buah ini dikenal sebagai ciri khas Bedugul.

Disebut buah salju karena warna dagingnya putih dan bertekstur halus lembut. Buah salju menjadi viral di TikTok karena seorang TikToker dengan akun @diikadik (2/12) mengunggah video sedang mengulas cita rasa buah salju.

Dalam videonya, TikToker itu tampak menikmati buah salju tersebut. Ia mengatakan kalau rasanya sangat enak. Videonya berhasil membuat penasaran banyak netizen hingga ditonton 3,6 juta.

Buah Salju yang Viral di TikTokaBuah Salju yang Viral di TikToka Foto: TikTok @diikadik / iStock

Baca Juga: 5 Bakso Viral Bikin Ngiler, Ditawarkan Penjual Pikulan hingga di Bawah Pohon!

Berikut fakta buah salju hingga manfaatnya untuk kesehatan.

1. Asal-usul Buah Salju

Tak hanya berasal dari Bedugul, Bali, buah salju atau ice cream bean atau inga edulis juga banyak ditemukan di Amerika Selatan. Sangat populer di peru, Venezuela, dan Kolombia.

Pohon buah salju bisa tumbuh mencapai 30 meter dan dapat tumbuh di daerah tropis maupun daerah yang lebih dingin. Buahnya memiliki kulit berwarna hijau dan bagian dagingnya putih seperti salju.

Tekstur daging buahnya juga mirip seperti kapas yang halus lembut. Di dalamnya terdapat biji yang cukup besar, sehingga harus hati-hati ketika menikmatinya.

2. Mudah Ditemui di Bedugul Bali

Buah Salju yang Viral di TikTokaBuah Salju yang Viral di TikToka Foto: TikTok @diikadik / iStock

Saat kamu mengunjungi Bali, pasti akan mudah menemukan buah salju. Apalagi kalau kamu berkunjung ke daerah Bedugul yang menjadi pusatnya buah salju.

Buah salju banyak ditawarkan pedagang pinggir jalan. Biasanya mereka menggantungkan buah salju ini di etalase jualan mereka. Buah salju yang ditawarkan biasanya yang sudah berwarna kekuningan, di mana buah dalam kondisi matang sempurna.

Menurut berbagai sumber, buah salju ditawarkan per kilogram. Untuk menikmati uniknya buah salju, kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 30.000 - Rp 50.000 per kilogram. Harganya memang cukup mahal, tapi mengingat buah ini cukup langka maka wajar saja.

Baca Juga: Resolusi Sehat di 2022, Hindari 5 Kebiasaan Makan Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com