Mengapa Resolusi Diet Awal Tahun Selalu Gagal, Ini Penjelasan Dokter

Devi Setya - detikFood
Kamis, 06 Jan 2022 11:30 WIB
Mengapa Resolusi Diet Awal Tahun Selalu Gagal, Ini Penjelasan Dokter
Foto: Getty Images/iStockphoto/esolla

4. Tidak sabar

Banyak orang memiliki resolusi diet di awal tahun dan berharap bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Kebanyakan orang yang memilih diet sejak awal tahun cenderung tidak sabar dan merasa terburu-buru.

Dr Pulde mengatakan sebenarnya lebih berguna untuk membuat perubahan secara bertahap. "Jangan menargetkan 100% pada 1 Januari," katanya.

Perubahan bertahap selama tiga bulan hingga satu tahun adalah cara terbaik untuk mempertahankan kebiasaan makan yang sehat. Berat badan yang cepat turun justru cenderung akan naik lebih cepat juga. Hal yang lebih sulit adalah mempertahankan.

Mengapa Resolusi Diet Awal Tahun Selalu Gagal, Ini Penjelasan DokterMengapa Resolusi Diet Awal Tahun Selalu Gagal, Ini Penjelasan Dokter Foto: Getty Images/iStockphoto/esolla

5. Tak membuat perencanaan


Diet sekedar diet tanpa ada perencanaan sama saja seperti melaksanakan hal yang sia-sia. Sebelum memulai diet, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dulu dengan ahli gizi untuk mendapatkan perencanaan diet yang lengkap dengan susunan menu makanannya.

"Siapkan sebanyak mungkin detail perencanaan dan sertakan persiapan diet Anda," sarannya.

Ketika sudah memegang perencanaan diet, rancangan menu makanan hingga jam makan yang sesuai, barulah mulai menjalaninya. Dengan cara ini juga kamu bisa memperkirakan seberapa besar budget diet yang harus disiapkan.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)