Pakai Darah Hewan, Ini Sajian Mie Darah dari Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 05 Jan 2022 19:30 WIB
Pakai Darah Hewan, Ini Sajian Mie Darah dari Berbagai Negara Foto: Site News
Jakarta -

Tak hanya menggunakan kuah kaldu atau potongan daging ayam atau sapi. Ada beberapa racikan mie yang justru digemari orang karena menggunakan campuran darah hewan.

Menu makanan menggunakan darah hewan, memang bukan hal yang baru atau ekstrem lagi. Meski sebagian besar orang masih enggan untuk menyantap makanan yang mengandung darah hewan di dalamnya.

Tapi di beberapa negara di Asia hingga Eropa contohnya. Sajian mie darah ini justru populer dan sudah menjadi makanan nasional yang digemari banyak orang. Mulai dari di Thailand yang terkenal dengan menu Boat Noodlenya yang menggunakan kaldu dari darah bebek sampai babi.

Serta hidangan pasta dari darah babi yang terkenal di Italia dengan nama Blutnudeln. Berikut beberapa hidangan mie dari darah hewan yang digemari banyak orang.

Baca Juga: 7 Makanan dari Darah Hewan, Ada Bubur hingga Sup Darah!" selengkapnya


1. Blutnudeln

Pakai Darah Hewan, Ini Sajian Mie Darah dari Berbagai NegaraPakai Darah Hewan, Ini Sajian Mie Darah dari Berbagai Negara Foto: Site News

Hidangan pasta yang satu ini sangat berbeda jauh dengan pasta khas Italia kebanyakan. Namanya Blutnudeln, yang terkenal di daerah Italia dan Austria.

Tampilannya sekilas mirip seperti spaghetti bolognese. Hanya saja pasta ini menggunakan darah babi sebagai bahan utamanya, sehingga tampilan pastanya itu berubah menjadi kehitaman bahkan hingga hitam gelap.

Untuk toppingnya banyak juga orang-orang Italia yang menambahkan potongan sosis dari darah babi yang jadi paduan pas. Ciri khasnya pasta ini wajib diolah dengan daraah babi yang masih segar untuk membuat kaldu sampai adonan tepung pastanya.

2. Boat Noodle

Pakai Darah Hewan, Ini Sajian Mie Darah dari Berbagai NegaraPakai Darah Hewan, Ini Sajian Mie Darah dari Berbagai Negara Foto: Site News

Kuai-tiao rue disebut juga boat noodle atau mie di atas perahu khas Thailand. Karena dulu penjual Kuai-tiao ruea ini kebanyakan mengenakan perahu, yang mengarungi kanal-kanal di Bangkok.

Untuk kuahnya menggunakan kaldu sapi yang kuat, kemudian ditambah dengan topping yang enak seperti bakso ikan atau bakso daging, irisan daging sapi atau babi, sampai tambahan liver babi.

Untuk jenis mienya, menggunakan mie tipis yang garing, teksturnya kenyal namun tidak gampang hancur. Ciri khas lainnya juga terletak pada darah babi yang dijadikan campuran terakhir di mie ini. Selain darah babi, boat noodle juga menggunakan darah bebek untuk kaldunya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Gurih Nikmat Bakso dengan Irisan Daging"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com