Selain Makanan Haram, Umat Muslim Juga Harus Hindari Makanan Syubhat

Devi Setya - detikFood
Rabu, 05 Jan 2022 05:00 WIB
Selain Makanan Haram, Umat Muslim Juga Harus Hindari Makanan Syubhat
Foto: Getty Images/iStockphoto/ZouZou1

Contoh makanan yang syubhat

Dilansir dari Halal MUI (4/1) salah satu contoh makanan syubhat adalah es krim. Es krim diolah menggunakan emulsifier (bahan pengemulsi).

Emulsifier digunakan sebagai bahan untuk mempersatukan antara fase minyak dan fase air. Dengan penambahan emulsifier, fase minyak dan fase air dapat bersatu membentuk emulsi yang homogen dan stabil. Emulsifier diperlukan untuk menjaga kestabilan emulsi pada es krim dan produk produk produk lain yang melibatkan pencampuran air dan minyak.

Di media sosial berkembang isu bahwa semua emulsifier ini berasal dari bahan lemak babi. Isu ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Di negara negara yang banyak mengkonsumsi daging babi, memang lumrah memanfaatkan lemak babi sebagai bahan pembuat emulsifier.

Emulsifier yang berasal dari lemak babi, atau dari lemak hewan yang tidak disembelih sesuai dengan syariat Islam tentu saja merupakan bahan yang haram. Namun ada juga emulsifier yang terbuat dari lemak nabati.

Dengan demikian ada dua sumber emulsifier yakni yang terbuat dari lemak babi dan lemak nabati. Ketidakjelasan ini menjadikan makanan memiliki status syubhat, yaitu belum jelas kehalalan atau keharamannya.

Selain Makanan Haram, Umat Muslim Juga Harus Hindari Makanan SyubhatSelain Makanan Haram, Umat Muslim Juga Harus Hindari Makanan Syubhat Foto: Getty Images/iStockphoto/ZouZou1

Umat muslim harus menghindari makanan syubhat

Layaknya makanan haram, umat muslim juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang sifatnya syubhat. Makanan syubhat bahkan dikategorikan sama dengan makanan haram.

"Barang siapa berada dalam perkara syubhat maka sama halnya ia berada dalam keharaman." (HR al-Bukhari Muslim).

Namun jika sudah terlanjur menyantap makanan atau minuman syubhat sebaiknya langsung berdoa dan bertaubat minta ampunan Allah SWT. Setelah itu haruslah lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih dan menyantap makanan.



Simak Video "Menengok Restoran Halal di Angeles City, Filipina"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)