Kebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik Makanan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 04 Jan 2022 14:30 WIB
Kebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik Makanan Foto: TikTok @elliengim
Jakarta -

Berbeda dengan orang di negara Barat, orang-orang di Asia punya budaya makan sendiri. Orang tua Asia bahkan disebut identik dengan kebiasaan mengumpulkan lap dapur hingga wadah-wadah plastik sisa kemasan makanan.

Tinggal di wilayah berbeda membuat budaya kuliner orang Asia dengan orang Barat, seperti di Amerika dan Eropa, juga berbeda. Mulai dari makanan pokok, preferensi makanan favorit, hingga cara menikmati makanan bakal terlihat perbedaan antara keduanya.

Orang Asia, terutama orang tua, biasanya melakukan hal-hal yang sejak dulu dilakukan nenek moyang mereka. Hal ini menjadi kebiasaan yang akhirnya terus dilakukan kemanapun mereka pergi.

Salah satunya terlihat dari unggahan akun TikTok @elliengim. Wanita Singapura ini secara rutin mengunggah momen-momen kocak dan seru bersama sang ayah merupakan keturunan China.

Unggahannya pada 20 Desember 2021 memperlihatkan kebiasaan ayahnya di rumah, terkait makanan. Pertama, sang ayah punya 'koleksi' lap dapur.

Kebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik MakananKebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik Makanan Foto: TikTok @elliengim

Lap ini dianggap punya banyak fungsi sehingga sang ayah memilikinya dalam jumlah banyak. Ia bahkan rutin mencuci lap dapur dan menjemurnya di jemuran khusus.

Kemudian ada bangku plastik merah seperti di warung-warung makan Asia. Bangku ini dipakai sang ayah di meja makan, padahal di sekelilingnya terdapat banyak bangku modern dan kekinian yang lebih nyaman. Namun sang ayah lebih memilih duduk di bangku plastik.

Barang menarik lainnya adalah gelas stainless steel berukuran besar. Gelas yang tampilannya sangat khas ini bisa menampung air dalam jumlah banyak. Dingin dan panasnya air dalam gelas ini juga bakal bertahan lebih lama.

Kebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik MakananKebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik Makanan Foto: TikTok @elliengim

Lanjut ke lemari dapur, @elliengim memperlihatkan 'koleksi' ayahnya yang lain yaitu wadah plastik untuk makanan. Wadah ini biasanya didapat dari kemasan makanan saat beli di restoran. Karena masih bisa dipakai, biasanya wadah ini bakal dicuci dan disimpan ulang.

Unggahan @elliengim soal kebiasaan orang tua Asia ini menjadi hiburan untuk banyak netizen Asia lain. Terbukti dari banyaknya komentar di video ini.

"Plus koleksi banyak Tupperware di rumah, tapi JANGAN PERNAH pakai. Lebih baik pakai wadah plastik murah dari kedai-kedai rumah makan," sahut seorang netizen.

Kebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik MakananKebiasaan Orang Tua Asia! Koleksi Lap Dapur hingga Wadah Plastik Makanan Foto: TikTok @elliengim

"Datanglah ke rumah kami. Ada banyak wadah plastik. Ibu saya akan berteriak kalau kami membuangnya begitu saja," kata netizen lainnya.

Tak sedikit juga yang salah fokus dengan keberadaan bangku plastik merah di meja makan. "Tak peduli berapa mahal bangku-bangku di rumah, bangku plastik bakal tetap jadi favorit," ujar netizen dengan bersemangat.



Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com