30 Resep Barbeque Party

Jangan Dibuang! Makanan Sisa BBQ Malam Tahun Baru Bisa Disimpan dan Diolah Lagi

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 01 Jan 2022 15:30 WIB
Tips Sosis Bakar Enak dari Chef Stefu Santoso
Foto: iStock
Jakarta -

Saat pesta BBQ malam tahun baru biasanya orang mengolah banyak makanan sekaligus. Tak jarang ada sisa makanan yang sebenarnya masih berkualitas bagus dan bisa disantap lagi.

Banyak orang memilih berpesta barbeque dengan keluarga atau teman-teman saat malam pergantian tahun. Menu bbq bisa beragam seperti steak, ayam panggang ataupun sosis bakar yang biasanya diolah dalam jumlah banyak sekaligus.

Karena makanan yang dibuat jumlahnya sangat banyak, terkadang ada sisa makanan padahal perut sudah kenyang. Jangan langsung memutuskan untuk membuang makanan sisa pesta bbq karena berbagai makanan ini masih bisa disimpan dan diolah kembali menjadi hidangan lezat.

Dilansir dari Taste of Home (31/12) banyak cara yang bisa dilakukan dengan makanan sisa bbq. Kamu bisa menyimpannya untuk dikonsumsi keesokkan harinya. Bahkan jika disimpan dengan baik, makanan panggang ini bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan.

Berikut jenis makanan BBQ dan cara mengolahnya:


1. Sisa Steak

Daging steak memang paling enak disantap saat baru matang dan masih hangat. Tapi bukan berarti tidak bisa disimpan untuk disantap keesokan hari. Daging steak yang sudah dipanggang masih bisa disimpan dalam lemari es.

Daging panggang ini bisa diolah lagi menjadi campuran berbagai makanan, misalnya nasi goreng, sandwich steak, atau olahan mie. Daging steak ini juga bisa dipotong kecil-kecil untuk pelengkap pasta. Sisa steak yang sudah dipanggang bisa tahan disimpan selama 3-4 hari dalam lemari es dan 2-6 bulan dalam freezer.

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'Jangan Dibuang! Makanan Sisa BBQ Malam Tahun Baru Bisa Disimpan dan Diolah Lagi Foto: iStock

2. Sisa ayam panggang

Sebagian besar orang akan memilih memanggang ayam dalam bentuk utuh. Namun ketika orang yang ikut berpesta tidak terlalu banyak, alhasil ayam panggang tidak akan termakan semuanya. Jangan khawatir, ayam panggang bisa diolah kembali menjadi beragam makanan enak.

Ayam panggang bisa dipotong kecil-kecil lalu dijadikan sebagai campuran masakan. Untuk hidangan praktis, kamu bisa menumis beberapa bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang bombai dan cabai lalu masak kembali sisa ayam panggang ini. Berbagai saus juga bisa jadi campuran seperti saus lada hitam dan saus teriyaki. Ayam panggang sisa ini bisa disimpan hingga 6 bulan dalam suhu beku.

3. Sisa sosis bakar

Sosis kerap jadi pilihan saat menggelar pesta bbq anti repot. Cukup pilih sosis favorit lalu bakar dengan saus BBQ sebagai olesan. Sosis bakar ini enak disantap bersama kentang goreng.

Namun kalau punya sisa sosis bakar, kamu bisa menjadikannya sebagai topping pizza keesokan harinya. Iris sosis lalu taburkan di atas adonan pizza yang sudah diberi saus tomat. Sosis panggang ini juga akan jadi lebih nikmat jika dipadukan dengan keju mozzarella. Sosis ini juga enak diolah sebagai campuran nasi goreng.