ADVERTISEMENT

7 Makanan Tahun Baru yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 01 Jan 2022 17:00 WIB
3 Varian Egg Sandwich
Foto: iStock
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang dianggap membawa keberuntungan di tahun baru. Disantap saat momen pergantian tahun oleh masyarakat di berbagai negara.

Ada banyak tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai negara saat momen pergantian tahun. Salah satunya menikmati makanan khas yang dimakan saat tahun baru. Disertai harapan membawa keberuntungan, kesehatan dan kemakmuran sepanjang tahun.

Seperti orang Jepang yang menyantap mie dengan harapan panjang umur. Sementara masyarakat Belanda menyantap Oliebollen, roti goreng yang dipercaya bisa mengusir Dewi Perchta yang memegang pisau.


Dilansir dari Fox News (31/12) berikut beberapa makanan keberuntungan yang disantap saat tahun baru:

1. Oliebollen - Belanda

Setiap Malam Tahun Baru di Belanda, orang-orang akan menyiapkan dan memakan oliebollen. Makanan ini adalah kue kecil yang terbuat dari adonan donat yang ditaburi kismis. Secara harfiah oliebollen artinya adalah bola minyak.

Tradisi makan oliebollen sudah berlangsung ratusan tahun lalu. Diperkirakan, tradisi ini berasal dari suku-suku Jermanik sebagai cara untuk mengusir Dewi Perchta, yang akan terbang melintasi langit membawa pisau selama masa Yule. Yule sendiri adalah festival pertengahan musim dingin orang-orang Jermanik yang melibatkan pesta pengorbanan yang kemudian diserap dalam perayaan Natal.

Dengan makan oliebollen, masyarakat percaya kalau pisau Perchta tidak akan melukai perut karena sudah mengonsumsi oliebollen alias kue minyak. Tradisi ini masih berlangsung hingga saat ini.

2. 12 anggur - Spanyol

Masyarakat Spanyol punya kebiasaan unik saat merayakan tahun baru yakni makan 12 butir buah anggur. Tradisi makan 12 buah anggur tengah malam saat momen pergantian tahun dimulai pada tahun 1880-an sebagai cara "meniru tradisi Prancis yang meminum anggur dan sampanye pada hari terakhir tahun."

Karena sudah menjadi tradisi, setiap akhir tahun banyak penjual buah yang menyediakan satu kaleng berisi 12 butir anggur. Disebutkan juga bahwa anggur harus dimakan dalam 12 detik pertama Tahun Baru untuk menyambut 12 bulan penuh keberuntungan.

Begini Cara Membersihkan Bubuk Putih pada Kulit Anggur7 Makanan Tahun Baru yang Dipercaya Membawa Keberuntungan Foto: iStock

3. Daging babi - Italia

Masyarakat Italia memiliki tradisi makan olahan daging babi yang direbus bersama kacang lentil. Hidangan bernama cotechino con lenticchie ini memiliki makna dua keberuntungan bagi masyarakat Italia.

Pertama karena babi memiliki moncong ke depan yang dipercaya sebagai simbol kemajuan. Sementara lentil memiliki bentuk dan warna kuning seperti koin kecil yang melambangkan keberuntungan. Oleh karena itu, menyantap hidangan lezat ini pada Tahun Baru dikatakan akan menjamin 12 bulan yang sejahtera.



Simak Video "KuTips: Cobain Resep Sate BBQ Rumahan Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT