5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 28 Des 2021 12:00 WIB
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku : Kelezatan Nasi Ayam Legendaris Bali
Foto: Muhammad Ridho Suhandi/detikFood
Jakarta -

Nasi campur bali adalah kuliner khas Pulau Dewata yang punya banyak penggemar. Selain yang nonhalal, ada juga nasi campur bali dengan isian ayam untuk santapan Muslim. Ini 5 rekomendasinya.

Nasi campur bali terdiri dari aneka lauk pauk menggugah selera. Lauk yang terkenal adalah babi guling, namun kuliner nonhalal ini tidak bisa dikonsumsi Muslim. Nah, untuk Muslim yang mau makan nasi campur bali, bisa coba versi halal.

Nasi campur bali ini memakai daging ayam sebagai lauk utamanya. Kemudian ada juga pelengkap seperti sate lilit, suwiran daging, telur, urap bali, hingga sambal matah yang pedas segar.

Cita rasa gurih berempahnya menggugah selera karena diracik dengan bumbu basa genep khas Bali. Kalau mau cicip nasi campur bali dengan isian ayam, tak sulit menemukan penjualnya.

Di Bali setidaknya ada 5 rekomendasi nasi campur bali dengan isian ayam yang terkenal enak. Ini dia daftarnya:

1. Warung Wardani

5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk!5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk! Foto: Instagram warung_wardani

Warung Wardani mengusung konsep 'no pork no lard' sehingga restoran ini termasuk ramah muslim. Gerainya di Bali beralamat di Jl. Yudistira No.2, Dangin Puri Kauh, Denpasar.

Menu nasi campur bali dibanderol mulai dari Rp 38 ribu. Namanya Nasi Ayam Bumbu Bali yang terdiri dari ayam suwir pedas sebagai lauk utamanya. Lalu ada juga Nasi Campur Wardani 7 topping yang harganya Rp 75 ribu. Isiannya ada sate lilit, sate ayam tusuk, ayam suir, udang, hingga dendeng balado.

Warung Wardani juga punya menu nasi bakar dan bebek garing yang sayang dilewatkan. Di Jakarta, kamu juga bisa menemukan Warung Wardani yang berlokasi di Trans Studio Mall Cibubur dan Bintaro.

2. Warung Nasi Ayam Ibu Oki

5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk!5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk! Foto: Instagram warungbuoki_nusadua

Warung Nasi Ayam Ibu Oki punya banyak penggemar. Cabangnya bisa kamu temukan di daerah Jimbaran, Nusa Dua, Tuban Kuta, Ungasan, hingga Sanur. Sesuai namanya, menu nasi ayam adalah andalannya.

Seporsi nasi ayam di sini terdiri dari ayam betutu, ayam suwir, ayam sambal matah, urap bali, kacang tanah goreng, telur, dan sambal matah. Ada juga pilihan lauk ayam goreng dan sate ayam yang enak.

Sate ayamnya bukan dibuat dari daging ayam utuh, melainkan ayam yang dilumatkan kemudian dililit di sebilah bambu baru kemudian dibakar. Soal harga, seporsi nasi ayam di sini dibanderol mulai dari Rp 25 ribuan.

Baca Juga: Perpaduan 3 Rasa dalam Sepiring Nasi Ayam Bu Oki

3. Warung Nasi Bali Men Weti

5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk!5 Nasi Campur Bali Halal Isi Ayam yang Terkenal Enak, Cobain Yuk! Foto: Instagram williamwongso

Nasi campur bali ayam selanjutnya bisa dicicipi di Warung Nasi Bali Men Weti yang legendaris. Berdiri sejak 1970, banyak turis selalu sempatkan mampir ke warung nasi di Jalan Segara Ayu, Sanur ini.

Seporsi nasi campur harganya Rp 30 ribuan. Isinya ada ayam suwir, kulit ayam goreng, telur rebus, urap bali, kacang goreng, dan sambal goreng. Konon kulit ayam goreng yang garing dan gurih jadi primadona di sini.

Biasanya orang-orang mampir ke Warung Nasi Bali Men Weti di pagi hari. Mereka mengincar nikmatnya nasi campur bali isi ayam sebagai menu sarapan.

Lihat rekomendasi nasi campur bali halal lain di halaman selanjutnya.