Perpaduan 3 Rasa dalam Sepiring Nasi Ayam Bu Oki

Faidah Umu Sofuroh - detikFood Sabtu, 29 Feb 2020 19:57 WIB
nasi campur Foto: shutterstock
Jakarta -

Berawal dari kaki lima, beberapa tahun kemudian siapa sangka Warung Nasi Ayam Bu Oki menjadi favorit masyarakat Pulau Dewata. Sejak awal, Bu Oki memang sudah menggunakan bumbu Bali sebagai ciri khas rasa masakannya.

Bu Oki mengaku memilih ayam sebagai bintang di warungnya karena ayam bisa merangkul banyak pelanggan. Selain ayam, ia juga menyediakan sayur urap yang berisi kacang panjang, kelapa kemudian dicampur dengan bumbu Bali.

"Urapnya itu ada campuran dari kacang panjang sama kelapa dan lain sebagainya, yang jelas ada bumbu Balinya," jelasnya yang dikutip dari laman YouTube Grab, Sabtu (29/2/2020).

Selain itu, sambal matah juga menjadi idola para pelanggan. Sambal matah, lanjutnya, merupakan sambal khas Bali. Ia berujar bahwa membuat sambal matah itu mudah. Ia pun memaparkan cara membuat sambal matah dengan cara yang sederhana.

"Itu memang sambalnya khas Bali, prosesnya itu gampang sekali sebenarnya. Ya ada bawangnya pasti, terus cabenya, terus ada serehnya, yaudah itu aja, sama garam, nanti diadon, itu udah jadi sambal matah versinya kita," paparnya.

Selain ayam bumbu Bali dan ayam sambal matah, sate di Warung Nasi Ayam Bu Oki ini juga tampak berbeda dari sate ayam di tempat lain. Ayamnya dilumatkan kemudian dililit di sebilah bambu baru kemudian dibakar.

"Itu versinya kita ya, versinya Warung Bu Oki itu kita pakai arang, bikin setradisional mungkin, untuk manggangnya itu lama, kita bikin apinya kecil, biar bagus matang sampai dalam," tambahnya.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Bu Oki pun join menjadi merchant GrabFood. Setelah bergabung dengan GrabFood, ia mengaku penjualannya meningkat cukup signifikan antara 20-30%.

"Itu bagus banget kenaikannya. Yang jelas ada peningkatan pendapatan. Semoga ke depannya GrabFood bisa mendekatkan Warung Bu Oki ke pelanggan yang lebih jauh lagi," harapnya.

Warung Nasi Ayam Bu Oki ini memang sudah terkenal dengan cita rasa bumbu Bali yang menggugah selera. Salah seorang pelanggan, I Made Krisnayan, mengatakan bahwa ayam buatan Bu Oki punya rasa yang enak dan merupakan makanan kesukaannya.

"Nah kalau aku paling senang ayamnya di sini, jadi ayamnya itu ada 3 ayam. Pertama itu ada ayam gorengnya, terus ada ayam bumbunya, terus juga ada yang sambal matahnya.

Jadi di sini untuk ukuran ayam bumbunya itu dia bisa sesuaikan sama selera pedas kita, jadi dalam satu porsi itu kita bisa dapat tiga jenis ayam, jadi lumayan, enak," terangnya.

Berbeda dengan Krisnayan, pelanggan yang lain, Putu Indah Widyasari mengaku suka dengan rasa sate Bu Oki yang lembut.

"Kalau aku paling suka satenya sih karena dari segi tekstur itu nggak keras terus juga dari rasa bumbunya ngeresep banget, dan dari aromanya juga smokey gitu, jadi masuk banget lah ke selera aku," pungkasnya.



Simak Video "Rekomendasi Masakan Kaya Protein untuk Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)