ADVERTISEMENT

Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 25 Des 2021 12:00 WIB
Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo
Foto: iStock
Jakarta -

Ayam goreng yang gurih berempah tersedia di beberapa warung legendaris di Solo. Menggunakan ayam kampung dan disajikan dengan sambal khas Jawa.

Ayam goreng merupakan comfort food bagi kebanyakan orang Indonesia. Bahkan di tiap daerah ada ayam goreng dengan racikan bumbu dan penyajian yang khas. Ada yang digoreng utuh satu ekor ada yang berupa potongan.

Buat penggemar ayam goreng tradisional kalau mampir ke Solo dan sekitarnya, wajib mencicipi ayam goreng khas Jawa. Di kota kelahiran Joko Widodo tersebut ada sederet warung ayam goreng yang tersohor puluhan tahun.

Beberapa warung tersebut menggunakan ayam kampung yang kemudian diungkep dengan bumbu yang rempah selama berjam-jam. Proses itulah yang menghasilkan ayam goreng gurih dan harum lalu disajikan dengan sambal khas Jawa yang pedas manis menyengat.

Berikut 5 warung makan ayam goreng legendaris di Solo:

1. Ayam Goreng Mbah Karto Tembel

Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di SoloWajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo Foto: Instagram @bemp777

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel ini merupakan salah satu yang legendaris di Solo. Warungnya sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Kelezatan ayam goreng ini sudah tak diragukan lagi.

Bahkan warung ayam goreng ini merupakan langganan Presiden Joko Widodo dan keluarga. Ayam gorengnya dikenal empuk dan padat karena menggunakan ayam kampung.

Selain itu, rasa gurih bumbunya juga meresap karena sebelum digoreng ayamnya direbus dengan bumbu dan santan kelapa selama 1,5 jam. Setelah ayamnya empuk baru digoreng.

Uniknya dari proses perebusan tadi membuat bumbu santannya menjadi kental dan berwarna gelap. Tapi santan itulah yang jadi kunci kelezatan yang diracik jadi sambal blondo.

Seporsi ayam goreng di sini dibanderol dengan harga sekitar Rp 20.000. Ayam goreng ini sejak dulu jadi favorit keluarga presiden Joko Widodo.

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8
Bondosari, Sukoharjo
Jam buka: 07.00 - 20.00

2. Ayam Goreng Wijaya

Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di SoloWajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo Foto: Instagram @ayamgorengwijaya

Di Kecamatan Jebres, Surakarta ada warung ayam goreng legendaris. Warungnya dikenal bernama Ayam Goreng Wijaya. Warung ini sudah beroperasi sejak tahun 1968.

Ayam goreng di sini juga menggunakan ayam kampung. Yang menarik ayam goreng di sini disajikan dengan sambal kuno sebutan untuk racikan sambal sejak pertama warungnya berdiri.

Ayamnya diungkep dengan bumbu, saat digoreng aromanya pun sangat harum. Bahkan tampilannya terlihat berkilau dan ketika dimakan teksturnya empuk dan padat.

Kisaran harga ayam goreng di sini dimulai dari Rp 24.000 hingga Rp 90.000 tergantung pilihan potongannya.

Ayam Goreng Wijaya
Jl. Kapten Mulyadi No.23
Jebres, Surakarta
Telepon: (0271) 636303

3. RM Ayam Goreng Pak Cipto

Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di SoloWajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo Ilustrasi Foto: iStock

RM Ayam Goreng Pak Cipto sudah berdiri sejak tahun 1992, karenanya warung ayam goreng ini termasuk yang legendaris di Solo. Lokasi tepatnya ada di Jalan Tangkuban Perahu no 18.

Ayam goreng di sini terkenal enak, kamu bisa juga bisa pesan ayam goreng kremes yang jadi andalan. Tekstur renyah pada kremesannya menambah sensasi tersendiri saat disuap dengan nasi hangat.

Aromanya rempahnya kuat, begitupun dengan rasanya. Selain menu ayam goreng, warung ini juga menawarkan menu ayam bakar dan bebek goreng yang tak kalah enak.

Ayam gorengnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 60.000, tergantung paket yang dipilih.

RM Ayam Goreng Pak Cipto
Jl. Tangkuban Perahu No.18
Jebres, Sukoharjo
Telepon: 0878-1266-2886
Jam buka: 09.00 - 20.30

Baca Juga: Selama Pandemi, Omzet Ayam Goreng Pak Supar Semarang Turun 50%

4. Ayam Goreng Widuran

Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di SoloWajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo Ilustrasi Foto: iStock

Pecinta ayam goreng pasti sudah tak asing lagi dengan warung Ayam Goreng Widuran. Warung ini dikenal legendaris, karena sudah berdiri sejak tahun 1973.

Seporsi ayam goreng d sini disajikan dengan kremesan. Ayam gorengnya memiliki tekstur rasa yang empuk dan lembut, meskipun bagian dada. Selain itu juga disajikan sambal merah.

Aromanya rempahnya terasa kuat. Sementara rasa gurih asin bumbunya juga menyerap hingga ke tulang. Kamu juga bisa pesan sambal bawang dan sambal mentah.

Harga untuk setengah ekor sekitar Rp 55.000, sementara untuk satu ekornya dibanderol dengan harga Rp 110.000-an.

Ayam Goreng Widuran
Jl. Sutan Syahrir No.71
Jebres, Sukoharjo
Telepon: (0271) 637661

5. Ayam Goreng Kampung Mulyani

Wajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di SoloWajib Mampir! 5 Tempat Makan Ayam Goreng Enak dan Legendaris di Solo Ilustrasi Foto: iStock

Satu lagi warung ayam goreng favorit Presiden Jokowi. Warungnya bernama Ayam Goreng Kampung Mulyani yang didirikan oleh anak dari Mbah Karto, pemilik Ayam Goreng Mbah Karto.

Karenanya kelezatan ayam goreng ini juga tidak diragukan lagi. Yang disukai banyak orang dari ayam gorengnya adalah rasanya yang gurih asin dan teksturnya yang empuk.

Selain empuk, juga juicy sehingga terasa seperti cairan asin yang menambah kenikmatan. Ayam goreng di sini disajikan dengan sambal bawang dan sambal blondo.

Satu ekor ayam goreng di sini dibanderol dengan harga Rp 72.000.

Ayam Goreng Kampung Mulyani
Jalan Mohammad. H. Thamrin
Laweyan, Sukoharjo
Telepon: (0271) 723479
Jam buka: 09.00 - 21.00

Baca Juga: 5 Resep Ayam Goreng yang Enak dan Mudah Dibuat



Simak Video "Ramai Warga Korsel Boikot Franchise Ayam Goreng, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT