5 Momen Bule Cicip Sayur Asem hingga Gado-gado Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Des 2021 11:00 WIB
Sayur asem Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Banyak makanan tradisional Indonesia menarik selera bule untuk mencicipinya. Mulai dari sayur asem hingga gado-gado, begini komentar mereka saat cicipi ragam sayur tradisional asli Indonesia.

Aneka makanan enak mudah ditemui di Indonesia, termasuk sayuran yang diolah dengan teknik dan bahan khusus. Beberapa sayuran tradisional bahkan terkenal lezat. Sebut saja sayur asem, urap, dan gado-gado.

Menikmati sayuran tersebut adalah hal biasa untuk orang Indonesia, tapi tidak untuk orang asing atau bule dari berbagai negara. Mereka antusias dan memberi ragam komentar unik usai mencicipi sayur Indonesia.

Ada yang bilang sayur asem manis hingga gado-gado super enak, sampai menjilati sisa bumbu kacangnya. Semua punya cerita menarik.

Berikut 5 momen bule cicip sayur asem hingga gado-gado Indonesia:

1. Sayur asem

5 Momen Bule Cicip Sayur Asem hingga Gado-gado Indonesia5 Momen Bule Cicip Sayur Asem hingga Gado-gado Indonesia Foto: YouTube Satria Ponde

Satria Ponde adalah YouTuber Indonesia yang tinggal di Liverpool, Inggris. Dalam videonya (6/4/2021), ia memperlihatkan reaksi teman bulenya saat mencicipi sayur asem pertama kali. Sebelumnya Satria membuat sendiri sayur asem dengan bumbu instan merek Indonesia.

Ia mengisi sayur asem dengan jagung manis, mentimun Jepang, kol, kangkung, dan kacang. Tak butuh waktu lama untuknya memasak seporsi sayur asem. Satria lalu menyajikan sayur asem untuk dua teman bulenya.

Temannya yang pria bilang bau sayur asem seperti kaus kaki banteng. Ia juga bilang sayur ini tak terasa asem, malah manis. "Saya nggak tau mikirnya gimana ini, perasaan saya campur aduk," kata teman bule wanitanya. Mereka menilai rasa sayur asem malah dominan manis karena jagung dan kacangnya. "Saya yakin kamu lupa memasukkan sesuatu. Ada yang kurang (pada sayur asem ini)," lanjut si bule pria.

2. Urap

5 Momen Bule Cicip Sayur Asem hingga Gado-gado Indonesia5 Momen Bule Cicip Sayur Asem hingga Gado-gado Indonesia Foto: YouTube YuniLeisure

Urap merupakan menu sayuran Indonesia yang terkenal gurih enak karena dibumbui parutan kelapa muda. Urap menjadi santapan bule Inggris ini setelah menantunya yang asli Indonesia membuatkan mereka urap.

Dalam video YouTube Yuni Leisure (26/10/21), terlihat ia membuat sendiri urapnya. "Berhubung kami tidak makan terasi, pengganti terasinya saya pakai udang," katanya. Yuni membakar udang tersebut dan mencampurnya dengan berbagai bumbu dan kelapa. Kemudian isian urapnya ada kol, kale, tauge, hingga kacang panjang rebus.

Mertua Yuni memuji tampilan urap yang katanya menggugah selera. Rasanya juga disebut enak dan wangi kelapa. Mereka bahkan nambah makan urap!

Lihat momen bule lain saat cicip sayuran Indonesia di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hidangan Lebaran: Nasi Opor Gosong Khas Kudus"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com