Tips Simpan Jamur, Bisa Tetap Enak Sampai Setahun

Devi Setya - detikFood
Rabu, 22 Des 2021 08:00 WIB
Tips Simpan Jamur, Bisa Tetap Enak Sampai Setahun
Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

3. Cara mencairkan jamur beku

Untuk menggunakan jamur beku tidaklah sulit, bahkan sama seperti mengolah jamur segar. Kamu bisa langsung menambahkan jamur pada masakan. Untuk hidangan berkuah, kamu bisa langsung memasukkan jamur beku.

Sementara untuk masakan kering seperti tumisan atau campuran salad, kamu bisa mencairkan jamur beku terlebih dahulu. Caranya ambil jamur beku dari freezer lalu diamkan semalaman dalam lemari es. Ketika jamur sudah tidak beku maka bisa langsung dicampur dalam masakan.

Tips Simpan Jamur, Bisa Tetap Enak Sampai SetahunTips Simpan Jamur, Bisa Tetap Enak Sampai Setahun Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

4. Jamur beku bisa disimpan hingga satu tahun

Jamur beku dapat disimpan selama 9 hingga 12 bulan. Untuk rasa dan tekstur terbaik, Chef Rhonda menyarankan untuk tidak menyimpan jamur terlalu lama. Waktu terbaiknya yakni maksimal 4 bulan.

Namun kalau stoknya cukup banyak, tidak masalah menyimpan jamur selama setahun. Lagi pula, para penggemar olahan jamur tentu akan langsung mengolah jamur menjadi berbagai masakan.

Menyimpan jamur dalam suhu beku juga mencegah tekstur jamur jadi berlendir. Cara ini bisa diterapkan untuk berbagai jenis jamur seperti jamur kancing, jamur kuping, jamur enoki, jamur porcino hingga jamur Shitake. Jadi



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)