Orang Jepang Punya Tradisi Makan KFC di Hari Natal, Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 21 Des 2021 18:38 WIB
Tradisi Rayakan Natal di Jepang dengan Makan Ayam Goreng KFC Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Setiap negara memiliki tradisi sendiri untuk merayakan Natal. Di Jepang ada tradisi makan ayam goreng KFC di hari Natal. Ini sebabnya.

Tradisi perayaan natal di setiap negara memiliki keunikan tersendiri. Di Indonesia biasanya melakukan makan malam dengan menu makanan khas seperti klapertart, kue lapet, ayam rica-rica, dan lainnya.

Berbeda lagi dengan tradisi orang Jepang saat Natal tiba. Mereka merayakan malam Natal sambil makan ayam goreng KFC langsung di restoran ataupun memesannya via delivery. Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1970-an.

Baca Juga: Nampol! 20 Kwetiau Babi Bumbunya Mantap Ada di Sini!

Dilansir dari CNN (25/12/2020), ada beberapa alasan mengapa orang Jepang melakukan tradisi menyantap ayam goreng saat Natal. Berikut alasannya!

1. KFC Ada Dimana-mana

Tradisi Rayakan Natal di Jepang dengan Makan Ayam Goreng KFCTradisi Rayakan Natal di Jepang dengan Makan Ayam Goreng KFC Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satu faktor yang menjadi alasan mengapa orang Jepang merayakan Natal dengan menyantap ayam goreng KFC adalah karena gerai fast food ini tersebar di seluruh penjuru Jepang. Gerai pertama KFC ada di Nagoya, berdiri pada tahun 1970.

Munculnya KFC di Jepang dikarenakan budaya Amerika yang kuat saat itu. Minat besar pada makanan Barat saat itu juga tinggi dan mulai bermunculan waralaba asing. Salah satunya adalah KFC.

Setelah muncul pertama kali di Nagoya pada thaun 1970, KFC makin berkembang dan tersebar di seluruh penjuru Jepang. Bahkan, pada tahun 1981 gerai fast food ini sudah memiliki 324 gerai.

2. Tradisi Sejak Tahun 1974

Tradisi makan ayam goreng KFC saat Natal di Jepang sudah berlangsung sejak tahun 1974. Bermula dari perusahaan KFC Jepang meluncurkan promo ayam goreng untuk liburan akhir tahun.

Promo yang dikeluarkan KFC ini terinspirasi dari tradisi natal yang menghidangkan kalkun di negara Barat. Dikarenkan sulitnya mencari kalkun di Jepang, maka orang Jepang yang memeluk agama Kristen membeli ayam goreng KFC untuk disantap saat Natal.

Sejak itulah tradisi tersebut berjalan hingga saat ini. Penjualan ayam goreng juga makin melonjak tajam saat Natal tiba di setiap tahunnya. KFC juga memiliki slogan untuk perayaan natal 'kurisumasu ni wa kentakki' yang artinya 'Kentucky untuk Natal'.

Baca Juga: Gagal Bikin Cake Cantik, 10 Cake Natal Ini Bentuknya Malah Tak Karuan

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com